Dark/Light Mode

Prabowo Pakai Nama Koalisi Indonesia Maju

PDIP Nggak Sensi

Rabu, 30 Agustus 2023 08:00 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengganti nama koalisi parpol pendukungnya menjadi Koalisi Indonesia Maju. Menanggapi perubahan nama tersebut, PDIP santai saja, nggak sensi.

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya menghargai perubahan nama koalisi Prabowo tersebut. Kata dia, hak Prabowo untuk mengubah nama koalisinya. “Kami menghormati,” kata Djarot, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Koalisi Prabowo Pakai Nama Indonesia Maju, PDIP: Mungkin Merasa Dekat Sama Jokowi

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menduga, perubahan nama itu lantaran Prabowo merasa dekat dengan Jokowi. Kata Djarot, Jokowi memang dekat dengan semua menterinya. Namun, ia juga mengingatkan, Jokowi juga memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Semuanya sangat dekat, seperti satu keluarga besar. Jadi begitulah pemimpin yang bisa dekat dengan siapa pun juga,” katanya.

Baca juga : Jokowi: Muktamar Sufi Internasional Buktikan, Islam Indonesia Bukan Pinggiran

Meski tak mempersoalkan, Djarot memberikan catatan terkait nama Koalisi Indonesia Maju yang sama dengan nama kabinet Presiden Jokowi. Kata dia, koalisi Prabowo tak ada kaitannya dengan restu dari Jokowi.

“Pak Jokowi sudah sampaikan bahwa beliau itu bukan ketua umum partai. Jadi, beliau sebagai Presiden Republik Indonesia. Sehingga tidak mengintervensi atau ikut campur tangan terhadap kedaulatan masing-masing partai politik,” paparnya.

Baca juga : Koalisi Prabowo Saling Puji, Saling Deg-degan

Senada disampaikan Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. Kata dia, siapapun boleh saja menggunakan slogan Indonesia Maju. Termasuk oleh pendukung Prabowo. “Kalau sekarang ada Koalisi Indonesia Maju, ya mari kita berlomba-lomba untuk Indonesia agar lebih maju lagi,” ujar Ketua Banggar DPR ini, di kompleks Parlemen Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.