Dark/Light Mode

Program Sinergisitas BNPT, Bangun Kesadaran Kolektif Lawan Ideologi Terorisme

Kamis, 14 September 2023 23:10 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik (BNPT) mengajak semua pihak dari berbagai unsur pemerintah di wilayah Provinsi Jawa Barat untuk membangun kesadaran kolektif memerangi paham radikal terorisme dalam rangka mewujudkan Indonesia aman, damai dan harmoni.

"Mari bangun kesadaran kolektif untuk bersama memerangi paham radikal terorisme dimulai dari wilayah kita sendiri. Semoga kerja bersama seluruh pihak ini dapat menjadikan Indonesia aman, damai dan harmoni," kata Sekretaris Utama BNPT, Bangbang Surono, selaku Ketua Tim Pelaksana Sinergisitas pada acara Rapat Koordinasi Satgas Sinergisitas Wilayah Provinsi Jawa Barat di Bandung, pada Kamis (14/9).

Kesadaran untuk bersama-sama dalam memerangi paham radikal terorisme selama ini telah dilakukan dengan baik oleh BNPT memulai kegiatan Sinergisitas antar Kementerian/Lembaga sejak tahun 2021 di Provinsi Jabar.

Baca juga : Sinergisitas TNI-Polri Bikin KTT Ke-43 ASEAN Berjalan Aman Dan Terkendali

Kegiatan dan bantuan yang diberikan oleh kementerian/lembaga telah banyak mendukung upaya strategis dalam memerangi paham radikal intoleran dan radikal terorisme.

"Dukungan yang diberikan K/L seperti bantuan alat kerja, permodalan, pelatihan kewirausahaan, bibit, alat tani, seminar, publikasi narasi moderat, semuanya menjadi upaya strategis dalam melawan penyebaran paham radikal intoleran dan radikal terorisme," ujarnya.

Selain program di atas, di Jawa Barat juga sudah disalurkan bantuan pembangunan seperti stimulan perumahan swadaya, pembangunan MCK, elektrifikasi hingga penerangan jalan tenaga surya untuk masyarakat.

Baca juga : Guru Besar Undip Minta Pengguna Kendaraan Pribadi Mulai Pakai Transportasi Umum

Pembangunan ini diberikan dalam rangka upaya transformasi pola pikir penerima manfaat ke arah yang lebih baik.

Senada dengan Sestama, Kaban Kesbangpol Jawa Barat yang juga ketua FKPT Jawa Barat R Iip Hidahat menuturkan, sinergisitas menjadi kekuatan penting untuk mewujudkan Jawa Barat yang bersatu dan melawai ideologi terorisme.

"Jawa Barat adalah tentang 27 Kabupaten/ Kota. Pada tingkat provinsi, kita telah memiliki Pergub Jawa Barat nomor 40 tahun 2022 tentang RAD PE sebagai turunan dari Perpres No 7/ 2021 tentang RAN PE. Ini memerlukan sinergisitas semuanya untuk menjaga Jawa Barat tetap aman," ungkapnya.

Baca juga : Program Sinergisitas BNPT Berikan Manfaat Bagi Warga Bima NTB

Rapat koordinasi ini dihadiri perwakilan dari wilayah Jawa Barat seperti Bekasi, Tasik, Ciamis, Depok, Garut dan lainnya serta fasilitator daerah.

Selain itu dari BNPT turut hadir, Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Humas, Brigjen TNI Roedy Widodo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.