Dark/Light Mode

Business Matching Tembus Rp 1.02 Triliun

Bukti Perkebunan Bisnis Yang Menjanjikan

Senin, 25 September 2023 07:20 WIB
Dirjen Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah (dua kanan) saat menyaksikan penandatanganan kerjasama oleh UKM Mitra Direktorat Jenderal Perkebunan dengan off taker di acara BUNEX 2023, Tangerang, Sabtu (09/09/2023).
Dirjen Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah (dua kanan) saat menyaksikan penandatanganan kerjasama oleh UKM Mitra Direktorat Jenderal Perkebunan dengan off taker di acara BUNEX 2023, Tangerang, Sabtu (09/09/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2023 berhasil meraih respon positif dari masyarakat. Dari kegiatan Business Matching ini, terjalin kerjasama kemitraan dan ekspor sebesar Rp 1,027 triliun lebih.

Business Matching termasuk salah satu rangkaian kegiatan BUNEX 2023, kali ini mengusung tema 'Penguatan Hilirisasi Perkebunan untuk Peningkatan Kemitraan dan Akses Pasar Perkebunan Berkelanjutan. Ajang yang dilaksanakan 07 September 2023 ini, dihadiri oleh Duta Besar dari Negara Filipina, Kamboja, Mesir, Kenya, dan perwakilan dari Kedutaan Besar Mesir, Belarus, Moldova, Portugal dan Mozambique.

Baca juga : Rugikan Negara Rp 2,1 Triliun, Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Ditahan KPK

Serta mitra atau off taker perkebunan antara lain perwakilan dari Caldera North America, Business Partner Caldera Coffee PT. Barco, PT. GWI, Garuda Asia Nu santara, PT. Minamas Group, PT. Eagle High Plantations, PT. Madubaru, Lulu Hypermart, Accor Group dan lainnya.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan, Andi Nur Alam Syah mengatakan, Business Matching kali ini merupakan kali kedua dilaksanakan dalam rangkaian BUNEX 2023, dengan konsep buyers meet sellers, yang dimaksudkan untuk mempertemukan para pelaku UMKM perkebunan dengan para off taker untuk meningkatkan akses pasar UMKM serta memberikan pilihan-pilihan sourcing produk perkebunan yang bernilai tambah tinggi serta berkualitas baik.

Baca juga : Pembiayaan Hijau Tembus Rp 51,50 Triliun, CIMB Niaga Dukung Pencapaian NZE 2060

"Pada kegiatan BUNEX ke-2 tahun 2023, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) para UKM binaan perkebunan dengan para offtaker, senilai total Rp. 1.027.050.000.000, untuk produk kopi, kopra, kakao, dan briket arang kelapa untuk tujuan ekspor ke Kanada, Portugal, Jerman dan Timur Tengah, serta tentunya pasar domestik kita," ujar Andi.

Pada acara business matching ini, dilakukan penandatanganan MoU antara UKM binaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementan, yaitu Caldera Coffee dengan Next Trader yang berlokasi di Lisbon, Portugal untuk penjualan biji kopi Arabika dan Robusta ke Eropa senilai Rp 615 miliar per tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.