Dark/Light Mode

Business Matching Tembus Rp 1.02 Triliun

Bukti Perkebunan Bisnis Yang Menjanjikan

Senin, 25 September 2023 07:20 WIB
Dirjen Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah (dua kanan) saat menyaksikan penandatanganan kerjasama oleh UKM Mitra Direktorat Jenderal Perkebunan dengan off taker di acara BUNEX 2023, Tangerang, Sabtu (09/09/2023).
Dirjen Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah (dua kanan) saat menyaksikan penandatanganan kerjasama oleh UKM Mitra Direktorat Jenderal Perkebunan dengan off taker di acara BUNEX 2023, Tangerang, Sabtu (09/09/2023).

 Sebelumnya 
Legenda Java Sugar dengan PT. Barco untuk penjualan kopra sebesar Rp. 96 milyar, kerjasama untuk kakao olahan dengan PT. GWI sebesar Rp. 14,4 miliar dan Garuda Asia Nusantara sebesar Rp. 8,4 miliar per tahun. Dan Tom Cococha Indonesia dengan Tom Cococha GMGH Jerman untuk penjualan arang briket kelapa ke pasar Jerman dan Timur Tengah dengan nilai Rp 292 miliar.

Diketahui, dari 3 hari penyelenggaraan BUNEX 2023 ini, total nilai keuntungan baik ekspor dan penjualan lokal yaitu Legenda Java Sugar Rp 118.800.000.000, Caldera Rp 615.750.000.000, Tomkokoca Rp 292.500.000.000, sehingga secara keseluruhan mencapai Rp 1.027.050.000.000.

"MoU ini dihasilkan oleh para UKM binaan Ditjen Perkebunan dengan para mitra pembelinya. Harapan kami ke depannya akan terus tumbuh UKM-UKM perkebunan lainnya yang dapat juga bermitra dengan buyer sehingga makin mendorong tumbuhnya ekspor perkebunan di masa depan," harap Jebolan sarjana Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada dan Master Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung ini.

Baca juga : Rugikan Negara Rp 2,1 Triliun, Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Ditahan KPK

"Semoga upaya yang kita lakukan bisa memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan perkebunan dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan pekebun. Mari bersama kita bangun perkebunan Indonesia semog kedepannya lebih baik," ajak Andi.

Adapun BUNEX 2023 ini, selain business matching, juga diselenggarakan berbagai kegiatan diantaranya, penyerahan karya seni seniman kopi kepada Ditjen Perkebunan, Talkshow, Coaching Clinic Cantik & Sehat dengan Sawit, success story petani sawit, success story hilirisasi produk perkebunan, workshop teh, dan Bincang Bersama Dirjen Perkebunan dengan tema 'Sawit Indonesia Kini dan Nanti', serta kegiatan menarik lainnya.

Para pelaku usaha di bidang sawit dan di bidang perkebunan lainnya, berpartisipasi aktif dalam kegiatan BUNEX 2023 dan sangat berkomitmen untuk membangun perkebunan.

Baca juga : Pembiayaan Hijau Tembus Rp 51,50 Triliun, CIMB Niaga Dukung Pencapaian NZE 2060

“Kami sama-sama berkolaborasi mendukung para UMKM untuk berpartisipasi dalam acara BUNEX 2023, mulai dari akomodasi hingga transportasi dibiayai, karena pemerintah ingin mendorong para UMKM agar produk mereka lebih dikenal oleh banyak orang” sebut peraih Satya Lancana Karya Satya X dari Presiden Joko Widodo pada tahun 2019 ini.

Komoditas sawit memiliki kontribusi yang sangat besar dalam sektor perkebunan, dimana hampir 90 persen ekspor pertanian ditopang oleh sawit. Sawit terbukti jadi penopang perekonomian negara.

Selain itu, juga disalurkan dana beasiswa setiap tahunnya kepada sekitar 2000 mahasiswa yang berasal dari dana pajak ekspor yang dikumpulkan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). 'Selain sawit, komoditas-komoditas strategis lain tentunya perlu kita dorong untuk tetap berproduksi dan menciptakan nilai tambah dan berdaya saing," pungkasnya.

Baca juga : BI Pede Stabilkan Mata Uang Garuda

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 25/9/2023 dengan judul Business Matching Tembus Rp 1.02 Triliun, Bukti Perkebunan Bisnis Yang Menjanjikan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.