Dark/Light Mode

Jadi Negara Kepulauan Terbesar Di Dunia

Jangan Pandang RI Negara Miskin Lagi!

Selasa, 26 September 2023 07:20 WIB
Menteri Koordinator Kema­ritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), di Jakarta, kemarin. (Foto: FMB9)
Menteri Koordinator Kema­ritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), di Jakarta, kemarin. (Foto: FMB9)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai negara yang memiliki banyak pulau dan laut yang luas, Indonesia bertaji. Kita bisa unjuk gigi di kancah internasional.

Dengan capaian yang sudah diraih Indonesia, maka negara lain tidak bisa anggap RI sebagai negara berkembang yang miskin lagi.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Kema­ritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), di Jakarta, kemarin.

Baca juga : TGB: Kami Ingin Pakai Cara Lurus, No Drama

“Kita negara kepulauan ter­besar di dunia. Kekayaan kita banyak tapi pengakuan orang (negara) lain terhadap posisi kita ini masih ada yang kurang,” ujarnya.

Padahal, capaian Indonesia di masa Pemerintahan Presiden Jokowi sudah jauh melesat dibandingkan beberapa tahun lalu.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga diperhitungkan oleh negara maju terbukti dari hasil kesepakatan yang dibawa Indonesia dalam berbagai forum internasional. Salah satunya G20 dan ASEAN Summit 2023.

Baca juga : Pakai Cara Kreatif, Gerak 08 Ingin Prabowo Menang Satu Putaran

Meski belum sesuai harapan, Luhut mengklaim perekonomian nasional juga terus merangkak naik.

Untuk urusan laut, Indonesia juga mampu menekan jumlah sampah plastik di laut dan di darat.

Menurutnya, sudah banyak bukti bahwa Indonesia meru­pakan negara yang layak diper­hitungkan oleh dunia.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, BNI Berikan Layanan Terbaik Bagi Penyandang Disabilitas

Sudah waktunya bagi Indone­sia mengajak negara kepulauan berkembang lainnya untuk ber­satu menjaga laut serta pulau dengan langkah yang nyata melalui Archipelagic and Island States (AIS) Forum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.