Dark/Light Mode

Lewat Program Gotong Royong Boyong Pohon, Erick Tanam 100 Ribu Pohon

Rabu, 27 September 2023 10:56 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri depan) seusai melaksanakan program penanaman pohon di halaman Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Rabu (27/9). (Foto: Dok. Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri depan) seusai melaksanakan program penanaman pohon di halaman Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Rabu (27/9). (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

 Sebelumnya 
Presiden Jokowi memerintahkan perusahaan-perusahaan untuk menanam pohon sebanyak mungkin di lingkungan perkantoran sebagai langkah preventif untuk mengurangi dampak negatif pencemaran udara.

Untuk itu, Erick memerintahkan seluruh BUMN yang memiliki lahan untuk memulai penanaman pohon secara serentak, dimulai sejak 27 September 2023 hingga 1 Oktober 2023.

Target penanaman pohon adalah sebanyak 100 ribu pohon di Kawasan Jabodetabek.

Baca juga : Dukung Program Penghijaun, Industri Hulu Migas Tanam 2 Juta Pohon

Erick juga memberikan bibit tanaman kepada Direksi BUMN sebagai simbol dimulainya penanaman pohon secara massal. Bibit-bibit ini tidak hanya untuk karyawan BUMN, tetapi juga dapat ditanam oleh masyarakat umum selama persediaannya masih tersedia.

Adapun jenis-jenis pohon yang ditanam beragam, termasuk pohon Spathodea, Trembesi, Tabebuya, serta pohon-pohon buah seperti Sawo Manila, Kelengkeng, Mangga, Jambu Kristal, Durian, dan Jambu Jamaika.

Bibit-bibit ini langsung didatangkan dari lahan persemaian Hutan Organik Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga : Lewat Program Konservasi Endemik, Pertamina Lestarikan Pesut Mahakam

Erick menegaskan, polusi udara di Jakarta dan sekitarnya telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, gerakan sosial Gotong Royong Boyong Pohon perlu diviralkan agar lebih banyak lagi masyarakat yang berpartisipasi.

Penanaman pohon dianggap sebagai tindakan nyata untuk mengurangi polusi karena ruang hijau tambahan dapat menyerap partikel-partikel polutan udara seperti debu dan gas berbahaya.

Pohon juga membantu membersihkan udara di sekitarnya melalui proses fotosintesis, menghasilkan oksigen bersih, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas udara dan menjaga keseimbangan oksigen di lingkungan sekitarnya.

Baca juga : Santri Ganjar Gotong Royong Renovasi Sekretariat Majelis Taklim Nurul Huda Di Palembang 

"Yuk kita dukung gerakan Penghijauan BUMN ini. Dimana seluruh karyawan BUMN diwajibkan menanam satu pohon. Mari cintai lingkungan. Bersama kita bisa," ujar Erick. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.