Dark/Light Mode

BNPT Ajak Insan Kilang Pertamina Internasional Cegah Potensi Radikalisme

Selasa, 3 Oktober 2023 01:02 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak seluruh insan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) untuk bersama mencegah dan menjaga perusahaan dari potensi keterpaparan.

"Kegiatan ini penting untuk mencegah masuknya paham-paham kekerasan ke dalam perusahaan, PT Kilang Pertamina harus kita jaga bersama, jangan sampai ada yang terpapar," kata Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono, dalam kegiatan Sosialisasi Pencegahan Terorisme pada Pegawai PT KPI, di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Dirinya juga menjelaskan, program ini digagas sebagai tindak lanjut penandatanganan perjanjian kerja sama BNPT terkait upaya pencegahan terorisme di sejumlah BUMN termasuk Pertamina.

Baca juga : HUT Ke-25, Bank Mandiri Pertegas Inovasi Layanan Hingga Transformasi Bisnis

"Kegiatan ini juga merupakan wujud tindak lanjut Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pencegahan terorisme di lingkungan PT Pertamina, salah satu ruang lingkupnya adalah sosialisasi ini," tambahnya.

Sebagai bekal peserta, Direktur Pencegahan BNPT Irfan Idris dalam paparannya membagikan kata kunci pencegahan terorisme di era ini.

"Terorisme ini bahaya laten, kita bisa tiba-tiba terpapar. Ingat kata kunci pencegahan, kesadaran masyarakat, ketahanan komunitas, keterlibatan komunitas dan ketahanan nasional," paparnya.

Baca juga : Dukung Layanan Kesehatan, Literasi Digital Digelar untuk Konsil Kefarmasian

Sementara itu, Direktur SDM & PB PT. KPI Isnanto Nugroho S menegaskan, akan terus mendukung implementasi Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020.

"PT KPI akan terus mendukung implementasi Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020 tentang pedoman pelindungan sarana prasarana objek vital yang strategis dan fasilitas publik dalam pencegahan tindak pidana terorisme, dalam hal ini di lingkungan PT KPI," bebernya.

Sebagai informasi, hingga tahun 2023, BNPT telah melaksanakan sosialisasi terhadap 6 objek di pertamina.

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta Dominan Cerah, Jakbar Panas, Tak Ada Potensi Hujan

Yaitu, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) II Dumai, PT KPI RU III Plaju, PT KPI RU IV Cilacap, PT KPI RU V Balikpapan, PT KPI RU VI Balongan, dan PT KPI RU VII Kasim.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.