Dark/Light Mode

2,4 Juta Orang Lamar CASN

Menpan: Tak Ada Titip Menitip!

Rabu, 18 Oktober 2023 07:30 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: HUMAS MENPANRB)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: HUMAS MENPANRB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) transparan dan akuntabel.

Anas memberikan warning bagi seluruh pihak; kini tidak ada ‘titip menitip’ dalam seleksi CASN. Semua tahap dilaksanakan terbuka dan akuntabel.

“Kalau ditemukan adanya indi­kasi kecurangan dari pihak mana pun, kami akan melakukan tinda­kan tegas sesuai aturan berlaku,” tegas Anas dalam keterangan resminya, Selasa (17/10/2023).

Baca juga : DPP Berani Yakin Anies Tak Usung Politik Identitas

Eks Bupati Banyuwangi dua periode ini mengatakan, seleksi CASN tetap berbasis Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dengan sistem ini, kata Anas, nilai langsung terlihat di moni­tor yang berada di luar ruang seleksi, sehingga pengunjung atau pengantar peserta bisa lang­sung melihat nilainya.

“Kami memastikan seleksi ini tidak ada celah kecurangan, transparan dan akuntabel. Peng­gunaan CAT ini salah satu ben­tuk digitalisasi seleksi calon ASN,” ujarnya.

Baca juga : Jelang Laga FIFA Matchday Melawan Turkmenistan, Erick Semangati Tim Merah Putih

Berdasarkan data BKN, to­tal pelamar CASN mencapai lebih dari 2,4 juta atau tepatnya 2.409.882 pelamar.

Secara rinci, sebanyak 945.404 peserta melamar melalui jalur Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sementara pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru mencapai 439.020 pelamar.

Pelamar PPPK tenaga kesehatan pada seleksi tahun ini mencapai 388.145 orang. Sedangkan PPPK teknis sebanyak 637.313 pelamar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.