Dark/Light Mode

DPP Berani Yakin Anies Tak Usung Politik Identitas

Senin, 18 September 2023 17:55 WIB
Sebanyak 20 perwakilan pendeta dan tokoh antaragama bersilaturahmi dengan Capres Koalisi Perubahan, Jumat (15/9) lalu. Foto: Istimewa
Sebanyak 20 perwakilan pendeta dan tokoh antaragama bersilaturahmi dengan Capres Koalisi Perubahan, Jumat (15/9) lalu. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas pendeta dan tokoh antarumat beragama meminta Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan menularkan kesuksesannya dalam menjaga kerukunan umat beragama di DKI Jakarta.

Kesukseskan Anies wajib ditularkan ke seluruh pelosok negeri di Indonesia.

"Saya berharap Pak Anies bisa membawa keberhasilan dalam menjaga kerukunan umat beragama di DKI Jakarta ke tingkat nasional," kata Ketua Umum DPP Badan Persaudaraan Antariman (Berani) Lorens Manuputty dalam keterangannya di Jakarta, Senin (18/9).

Baca juga : Cara Main Politik Hantu

Dilatakan Lorens, dia bersama sekitar 20 perwakilan pendeta dan tokoh antaragama bersilaturahmi dengan Capres Koalisi Perubahan, Jumat (15/9) lalu. Hadir antara lain Pdt. Gilbert Lumoindong dan Pdt. Shepard Supit.

"Dalam pertemuan itu, kami ingin mengumpulkan data-data tentang Pak Anies. Apalagi beliau pasca Pilgub terkena stigma-stigma intoleransi, politik identitas, dan macam-macam," ujarnya.

Namun, setelah ketemu dan berbagi gagasan, aku Lorens, berbagai stigma itu hanyalah isapan jempol.

Baca juga : Tampung Politisi Lompat Pagar

"Kita dapat informasi yang utuh. Pak Anies bahkan satu-satunya Gubernur yang saya ketahui bisa mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada nonmuslim," pujinya.

Lorens menilai, kebijakan yang berpihak pada komunitas umat beragama lain seperti pemberian dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) hingga kemudahan pemberian izin mendirikan tempat ibadah.

Dalam pertemuan, lanjutnya, dia bersepakat untuk menentang narasi-narasi yang memecah belah anak bangsa. Anies juga menekankan tiga aspek penting yang sangat ditekankan.

Baca juga : Pengamat Unair: Manifesto Ganjar Mengedepankan Nalar Menolak Politik Identitas

Yakni persaudaraan sesama muslim (ukhuwah islamiyah), persaudaraan antar umat (ukhuwah insaniyah), dan persaudaraan antar manusia (ukuwah al-insan). Ketiganya merupakan pondasi kuat membawa Indonesia maju ke depan.

Lorens menambahkan, pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar merupakan paduan tokoh nasionalis yang mengusung kebhinekaan, serta memegang teguh nilai-nilai Pancasila.

"Kita ucapkan selamat tinggal cebong-kampret. Mari kita dukung duet ini," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.