Dark/Light Mode

Wapres Dorong Program Jaminan Sosial Terus Digenjot

Senin, 23 Oktober 2023 19:34 WIB
Wapres Maruf Amin dalam acara penganugerahan Paritrana Award 2023 dikutip Senin (23/10). (Foto: Istimewa)
Wapres Maruf Amin dalam acara penganugerahan Paritrana Award 2023 dikutip Senin (23/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan instruksi bagi kementerian, lembaga, dan seluruh kepala daerah mendorong perluasan cakupan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Hal ini bertujuan agar program strategis pemerintah tersebut mampu memberikan perlindungan dan manfaat optimal bagi pekerja Indonesia.

Baca juga : RI Dorong OKI Tunjukkan Taring, Jangan Biarkan Israel Terus Jajah Palestina

Hingga saat ini jumlah pekerja, khususnya di sektor informal yang terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan masih terus didorong sesuai target RPJMN 2020-2024.

"Langkah-langkah perluasannya bisa melalui sosialisasi dan edukasi berkelanjutan, optimalisasi layanan dan manfaat, serta rumusan kebijakan dan penganggaran yang tepat," tegas Wapres dalam acara penganugerahan Paritrana Award 2023 dikutip Senin (23/10).

Baca juga : Bamsoet Dorong Percepatan Migrasi Kendaraan Konvensional ke Listrik

Wapres mengapresiasi pemberian kembali penghargaan Paritrana Award kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan pelaku usaha yang telah berhasil mengimplementasikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja di wilayahnya, mulai dari pekerja sektor formal, informal, dan pekerja rentan.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus upaya Pemerintah untuk mendorong optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 dan Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.