Dark/Light Mode

Hari Ini Groundbreaking Di IKN, Jokowi: Kalau BI Sudah Membangun, Mau Apa Kita?

Kamis, 2 November 2023 12:21 WIB
Presiden Jokowi saat groundbreaking Kompleks Perkantoran Bank Indonesia di IKN, Kamis (2/11/2023). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi saat groundbreaking Kompleks Perkantoran Bank Indonesia di IKN, Kamis (2/11/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Kompleks Perkantoran Bank Indonesia (BI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (2/11/2023). Groundbreaking ini semakin menunjukkan kesiapan Indonesia untuk pindah ibu kota.

“Kalau Bank Indonesia sudah mulai membangun, mau apa kita? Yang pegang uang, semuanya ada di bank sentral kita,” kata Jokowi di IKN, Kamis (2/11/2023).

Baca juga : Jokowi Abstain, Groundbreaking LRT Fase 1B Dilakukan Menhub Dan Heru

Jokowi yakin, keberadaan BI di IKN dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, dunia usaha, dan investor. Karena otoritas moneter, perbankan, dan sistem pembayaran telah ada dan siap mendukung pengembangan IKN, mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Nusantara.

"Ini menunjukkan kesungguhan, komitmen, dan kesiapan Indonesia membangun IKN menjadi ibu kota yang berkelas dunia," tegas Jokowi. 

Baca juga : Siti Atikoh: Pola Mendidik Anak Harus Sesuai Perkembangan Zaman

Pada kesempatan yang sama, Presiden ke-7 RI ini menjelaskan soal pembiayaan pembangunan gedung dan fasilitas di IKN. Dia bilang, 20 persen pembiayaan pembangunan gedung pemerintah dan infrastruktur dasar, ditanggung oleh APBN. 80 persen sisanya, diberikan kepada pihak swasta.

Setelah pemerintah membangun Istana dan Kantor Menteri, hingga Desember mendatang, total Rp 45 triliun digelontorkan untuk pembiayaan pekerjaan pembangunan di IKN.

Baca juga : Mou Diusir Wasit, Serigala Merah Menang Tipis

"Ada lima hotel yang akan segera dibangun - empat bintang lima, satu bintang empat -, empat rumah sakit, sekolah internasional Nusantara Intercultural School (NIS), dua mall besar, dan Training Center (TC) PSSI yang dimulai bulan lalu. April maksimal Mei 2024, delapan TC PSSI akan selesai dibangun," paparnya. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.