Dark/Light Mode

BNPT Dan Kementerian Keamanan Publik China Teken MoU Penanggulangan Terorisme

Kamis, 2 November 2023 17:53 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan China memperkuat kerja sama penanggulangan terorisme melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

MoU ditandatangani Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel dan Menteri Keamanan Publik China Wang Xiaohong.

MoU ini menegaskan kembali hubungan yang erat antar kedua negara sekaligus menunjukkan pentingnya kemitraan strategis Indonesia-China dalam mendorong perdamaian, stabilitas serta keamanan di kawasan dan sekitarnya dalam terciptanya kesejahteraan bersama masyarakat internasional.

Baca juga : Perkuat Lagi Sektor Pertanian

“Kerja sama kita dalam melawan terorisme tidak hanya penting untuk kepentingan nasional kita, tetapi juga untuk kesejahteraan bersama masyarakat internasional,” kata Rycko Amelza, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (2/11/2023)

Kedua negara berkomitmen untuk melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya dengan kerja sama di bidang informasi, pengalaman, dan praktik terbaik.

Serta, melakukan program peningkatan kapasitas aparat penegak hukum dan keamanan dalam penanggulangan terorisme.

Baca juga : Ahmi Septari, Kembangkan Yayasan Pendidikan Aridzka untuk Mencetak Generasi Unggul

Selain itu, melalui MoU ini diharapkan Indonesia dan Tiongkok dapat saling belajar untuk mendorong kesuksesan program deradikalisasi.

“Saya sangat optimis bahwa perjanjian ini akan terlaksana dengan efisien dan menyeluruh,” imbuh Rycko.

Sementara itu, Menteri Keamanan Publik China mengapresiasi kerja sama dengan Indonesia.

Baca juga : Pejabat Kementan Teken Pakta Integritas Zero Tolerance For Integrity

Wang Shaohong mengatakan, Indonesia merupakan mitra penting dalam bidang anti terorisme.

“China selalu menganggap Indonesia adalah mitra yang penting dalam anti terorisme, sejak MoU pertama (dengan BNPT) tahun 2014 sudah banyak hasil, saya ingin secara komprehensif meningkatkan kerja sama kita dalam anti terorisme,” kata Wang Shaohong.

Tindak lanjut MoU menjadi prioritas kedua negara. Menteri Keamanan Publik China pun yakin dengan kerja sama yang baik ini, Indonesia dan China dapat melawan terorisme.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.