Dark/Light Mode

Kemenkominfo Ajak Seluruh Masyarakat Berperan Dalam Pembangunan IKN

Kamis, 9 November 2023 16:59 WIB
Diskusi Temu Netizen bertajuk Menuju Ibu Kota Nusantara yang Berkelanjutan: Inovasi dan Tantangan di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Diskusi Temu Netizen bertajuk Menuju Ibu Kota Nusantara yang Berkelanjutan: Inovasi dan Tantangan di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Hal itu dilakukan Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi Publik, Kemenkominfo yang menggelar diskusi Temu Netizen bertajuk 'Menuju Ibu Kota Nusantara yang Berkelanjutan: Inovasi dan Tantangan' di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (7/11/2023).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik yang diwakili Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary mengatakan, Pemerintah akan membangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, mencerminkan identitas nasional.

Baca juga : Dadan Tri Ajukan Eksepsi, Pengacara Sebut Dakwaan Jaksa KPK Membingungkan

Menurutnya, hal tersebut menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan, mewujudkan kota hutan, smart city, kota modern, berkelanjutan, serta memiliki standar internasional.

"Semua pihak berperan penuh dalam pembangunan IKN, termasuk Kemenkominfo yang berperan aktif dalam infrastruktur digital dengan mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan juga dalam penyediaan Pusat Data Nasional (PDN)," kata Septriana dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin menambahkan, pemilik IKN di masa mendatang adalah generasi-generasi muda.

Baca juga : Kota Sorong Punya Perpustakaan, Jadi Modal Pembangunan Ekonomi

"Salah satu langkah adalah membangun sistem pendidikan berbasis pada kehidupan untuk mempersiapkan generasi emas di 2045,” jelasnya.

Direktur Transformasi Hijau Otorita IKN Agus Gunawan mengatakan, pembangunan IKN juga tidak hanya berupa pembangunan infrastruktur dan ekonomi tapi juga pembangunan kebudayaan, lingkungan, dan pendidikan yang berkelanjutan.

Menurutnya, IKN akan menjadi satu-satunya ibu kota negara di dunia yang mengusung unsur forest.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.