Dark/Light Mode

Pancasila Berperan Mengatasi Ketegangan Politik

Senin, 30 Oktober 2023 07:14 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden telah selesai dan resmi ditutup, 25 Okotober 2023. Ada tiga pasangan calon yang sudah resmi mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024.

Karuan saja dinamika jelang Pemilu 2024 kian berdenyut, bahkan, bukan mustahil pula bisa memunculkan per­saingan. Dengan demikian dapatlah dipahami bahwa persaingan –termasuk persaingan keras-- jelang pemilihan umum dapat disebabkan oleh berbagai faktor kompleks yang mencerminkan dinamika politik, sosial, dan ekonomi.

Baca juga : Geostrategi Sistem Pertahanan dan Bela Negara Indonesia

Bagimanapun, pemilihan umum (pemilu) adalah cara untuk memperebutkan kendali atas pemerintahan dan sumber daya negara. Calon-calon yang berkompetisi memiliki kepen­tingan besar dalam memenangkan pemilu, karena dapat mengen­dalikan kebijakan, ­anggaran, dan kekuasaan. Bersamaan pula partai politik dan calon yang berkompetisi seringkali memiliki perbedaan dalam visi politik. Mereka bersaing untuk mewakili visi mereka tentang bagaimana negara harus dikelola, dan ini dapat menciptakan persaingan yang sengit.

Kendati demikian masih ada Pancasila, karena Pancasila memiliki peran yang penting dalam mengatasi ketegangan per­saingan politik yang keras jelang pemilihan umum di Indonesia. Ideologi Pancasila dapat digunakan sebagai landasan moral, dan pedoman dalam proses demokratisasi. Hal ini dapat mem­bantu mengurangi kete­gangan dan konflik yang mungkin muncul dalam per­saingan politik.

Baca juga : Pancasila Dalam Politik Luar Negeri

Pancasila menggaris­bawahi nilai-nilai moral dan etika, termasuk persatuan, keadilan ­sosial, dan toleransi. Dalam proses pemilihan umum, ideo­logi ini dapat digunakan sebagai standar etis bagi calon-calon dan partai politik untuk memastikan: kampanye dan persaingan politik berlangsung dengan cara yang hormat, adil, dan mematuhi nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam Pancasila.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.