Dark/Light Mode

Menkes: Jaga kesehatan Itu Mudah, Cukup Atur 2 Hal Ini

Minggu, 12 November 2023 09:18 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin membuka secara resmi Festival Ayo Sehat, di halaman parkir Aquatic Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Kemenkes)
Menkes Budi Gunadi Sadikin membuka secara resmi Festival Ayo Sehat, di halaman parkir Aquatic Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Ayo Sehat resmi dibuka oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di halaman parkir Aquatic Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

Festival Ayo Sehat merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Festival Ayo Sehat juga merupakan ajang untuk mengedukasi masyarakat, bahwa hidup sehat sangatlah penting.

Dalam sambutannya, Budi menyampaikan, hidup sehat jauh lebih baik. Maka dari itu, sangat perlu menjaga kesehatan.

Baca juga : Budi Arie Tebar Insentif

Budi menyatakan, hidup sehat itu mudah. Cukup dengan mengatur dua hal, yaitu pola makan dan olahraga.

"Dalam agama saya diajarin, sebelum kenyang itu harus berhenti dan olahraganya 30 menit dalam sehari, lima kali dalam seminggu sampai kita wafat," kata Menkes Budi, seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (12/11/2023).

Eks Direktur Utama Bank Mandiri inu juga berpesan ke seluruh masyarakat agar tak hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

"Kesehatan mental lagi trend, jangan lupa senang-senang, dengerin musik, ngobrol dengan keluarga, dan juga rajin berolahraga supaya jiwanya juga sehat," ingatnya.

Baca juga : Moeldoko Janji Atasi Kemacetan Di Pelabuhan Sanur Bali

Sementara Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Endang Sumiwi mengatakan, festival tersebut digelar untuk mendorong promosi gaya hidup sehat di Indonesia pada setiap siklus hidup.

Yakni, sejak ibu hamil, bayi, balita, anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia.

Festival juga digelar untuk mengapresiasi serta mewujudkan kemitraan dengan seluruh komunitas kesehatan di Indonesia, baik dari akademisi, dunia usaha, ataupun komunitas.

Kegiatan tersebut melibatkan 56 mitra mulai dari akademisi, bisnis, komunitas, Pemerintah Daerah, dan media untuk berperan aktif dan berkolaborasi dalam memberikan dorongan promosi gaya hidup sehat.

Baca juga : Jaga Kesehatan Mental Anda, Bersahabatlah Dengan 8 Tipe Orang Ini

Setidaknya, ada 116 aktivitas selama festival yang berlangsung selama dua hari ini.

Festival Ayo Sehat terbuka bagi masyarakat umum dan seluruh kegiatan tidak memungut biaya apa pun alias gratis.

Partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam kegiatan tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.