Dark/Light Mode

Integrasi Mitra Dengan Masyarakat, Jurus BNPT Maksimalkan Deradikalisasi

Senin, 13 November 2023 13:08 WIB
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel (Foto: BNPT)
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel (Foto: BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel mengungkapkan, rencana memaksimalkan program deradikalisasi khususnya dalam membangun reintegrasi dengan masyarakat sekitar melalui sektor wirausaha di bidang perkebunan.

"Jadi yang kami harapkan dari program kewirausahaan ini bisa terjadi reintegrasi dengan masyarakat sekitar dan bisa beradaptasi," ungkap Rycko,  saat melakukan kunjungan ke PT PG Rajawali II di Majalengka, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (13/11/2023).

Kepala BNPT juga menjelaskan, jika program deradikalisasi melalui sektor wirausaha di bidang perkebunan dapat memberikan dua manfaat kepada Mitra Deradikalisasi yaitu pekerjaan sekaligus membangun reintegrasi.

Baca juga : Terima Dubes Iran, Bamsoet Sepakat Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

"Program ini bukan sekadar memberikan pekerjaan kepada mitra deradikalisasi, tetapi juga untuk membangun reintegrasi dalam menghadapi kehidupan yang sebenarnya," jelasnya.

Rycko mengharapkan para mitra deradikalisasi yang nantinya melakukan kegiatan wirausaha perkebunan dapat lebih mudah kembali ke kehidupan bermasyarakat setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan.

Dalam kesempatan ini, Rycko berharap, program ini bisa menjauhkan Mitra Deradikalisasi dari jangkauan jaringan sebelumnya.

Baca juga : Masyarakat Masih Boleh Kok Gunakan Air Tanah

"Juga secara tidak langsung mereka dapat berubah cara berpikirnya ketika melakukan aktivitas perkebunan di wilayah perkebunan tebu PT PG Rajawali II," tuturnya.

Menyambut baik kehadiran BNPT, Direktur Utama PT. PG Rajawali II, Wahyu Sakti Priyonggo mendukung adanya sinergi ini.

PG Rajawali mendapatkan banyak hal positif mulai dari peningkatan produksi tebu dan dapat ikut terlibat aktif dalam program deradikalisasi.

Baca juga : Galang Dukungan Masyarakat Tangsel, Almijan: Ganjar-Mahfud Pilihan Akal Sehat

"Banyak hal positif terhadap kami, terhadap peningkatan tebu dan kami bisa membantu program program BNPT khususnya," harapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.