Dark/Light Mode

Menhub Launcing Kota Tidore Kepulauan Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2023

Senin, 13 November 2023 21:43 WIB
Wali Kota Tidore Kepulauan Cap, H. Ali Ibrahim didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba bersama Kementerian/lembaga lainnya resmi melaunching pelaksanaan peringatan Hari Nusantara Tahun 2023, di Aula Mataram Gedung Karsa Kementerian Perhubungan. Jakarta, Senin (13/11/2023). Foto: Istimewa
Wali Kota Tidore Kepulauan Cap, H. Ali Ibrahim didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba bersama Kementerian/lembaga lainnya resmi melaunching pelaksanaan peringatan Hari Nusantara Tahun 2023, di Aula Mataram Gedung Karsa Kementerian Perhubungan. Jakarta, Senin (13/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Kawasan Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan resmi dilaunching oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di Aula Gedung Kemenhub RI, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Pelaksanaan hajatan nasional, Hari Nusantara Tahun 2023 rencananya akan berlangsung di Kota Tidore Kepulauan pada tanggal 10-13 Desember 2023 mendatang, di Kawasan Pantai Tugulufa.

Berbicara tentang Hari Gus antara, kata Budi Karya, sudah pasti berhubungan dengan Deklarasi Juanda tahun 1957. Yaitu, bagaimana kita membuat konsepsi negara kepulauan. Ini terbukti, di Maluku Utara banyak pulau-pulau yang cantik.

Baca juga : Menangis Saat Pidato Usai Dilantik Jadi Ketua MK, Suhartoyo Ungkap Penyebabnya

"Sebagai panitia, tentu kita memohon kerja sama dan dukungan dari semua pihak. Baik Kementerian dan Lembaga terkait, Pemerintah Provinsi Maluku Utara maupun Pemerintah Kota Tidore untuk sama-sama menyukseskan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepualuan," katanya.

Budi menambahkan, Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 merupakan upaya mempersatukan bangsa. Yaitu, dengan merajut konektivitas Nusantara dan ekonomi maritim dari titik nol jalur rempah, Maluku Utara. Khususnya, Tidore dan Ternate sebagai titik nol jalur rempah, seperti cengkeh dan pala.

"Pada puncak pelaksanaan Hari Nusantara nanti kita akan mengundang Bapak Presiden, mudah-mudahan beliau bisa hadir, karena pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan ini, sudah didiskusikan dengan Bapak Presiden," harapnya.

Baca juga : Relawan Mas Gibran Gelar Mancing Bareng Dan Bagikan Sembako Di Bantul

Hadir dalam pelaksaan launching tersebut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara, khususnya Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Hari Nusantaran Tahun 2023.

"Terima kasih atas kepercayaannya, pada kesempatan ini, saya memohon dengan penuh hormat Bapak Presiden RI dan seluruh menteri, pimpinan lembaga terkait, seluruh Pemerintah Daerah, mitra kerja, serta unsur terkait lainnya, dapat meningkatkan kerja sama, kolaborasi dan sinergi untuk menyukseskan agenda nasional ini, di Maluku Utara," kata Abdul Gani.

Senada, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan saat ini telah menyiapkan sejumlah fasilitas yang akan digunakan pada pelaksanaan Hari Nusantara nanti.

Baca juga : Ketua MPR Apresiasi Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

"Sebagai tuan rumah, kami mendukung pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023, serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan nanti," ungkap Ali Ibrahim.

Wali Kota Tidore Kepulauan dua periode ini juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia, untuk datang ke Kota Tidore Kepulauan dalam rangka menyukseskan gelaran Hari Nusantara Tahun 2023, sebagaimana suksesnya Sail Tidore Tahun 2022 lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.