Dark/Light Mode

Arab Saudi Bakal Mulus Jadi Tuan Rumah Pildun 2034

Rabu, 1 November 2023 12:56 WIB
Trofi Piala Dunia. (Foto : ist)
Trofi Piala Dunia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arab Saudi bakal menjadi calon tunggal tuan rumah Piala Dunia 2034, setelah Australia dan Indonesia memutuskan untuk tidak melanjutkan niat serupa. 

Sebelumnya, Negeri Kangguru tersebut berencana menjadi tuan rumah bersama dengan Indonesia, tetapi rencana itu batal terealisasi.

Federasi Sepak Bola Australia, dalam keterangan resminya  tidak melanjutkan kesempatan bersaing dengan Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Federasi kini berfokus mempersiapkan diri untuk bidding (penawaran) tuan rumah Piala Dunia Wanita 2029.

Baca juga : Hore, Atlet Asian Para Games Bakal Diguyur Bonus Dan Dapat Rumah

“Kami yakin kami berada dalam posisi yang kuat untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional wanita tertua di dunia, AFC Women Asian Cup 2026 dan kemudian menyambut tim-tim terbaik dalam sepak bola dunia untuk Piala Dunia Wanita 2029,” tulis FA Australia dalam keterangan tertulis di situs resminya, Selasa, 31 Oktober 2023.

Keputusan Australia memuluskan jalan bagi Arab Saudi menyelenggarakan Piala Dunia 2034. 

Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), Yasser Al Misehal yakin pencalonan negaranya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 bakal terealisasi.

“Kami percaya bahwa ini adalah saat yang tepat bagi Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA,” ujarnya.

Baca juga : Amran Sulaiman Bakal Jadi Mentan Lagi, Foto Siap-Siap Ke Istana Sudah Beredar

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, sebelumnya, memastikan batalnya pencalonan diri Indonesia sebagai tuan rumah bersama Australia, Singapura, Malaysia. 

Waktu persiapan yang mepet menjadi salah satu alasan federasi tak jadi mewujudkan rencana tersebut.

“Sudah disampaikan bahwa kami ingin bidding (penawaran) dengan Australia. Tapi dihitung-hitung persiapannya terlalu mepet karena (batas akhir) bidding-nya 31 Oktober,” ujar Erick Thohir, di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 26 Oktober 2023.

Walau begitu, Erick tetap berupaya membidik ajang FIFA lainnya. Piala Dunia U-17 bakal menjadi pintu agar Indonesia dapat menyelenggarakan kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia lainnya.

Baca juga : Dukung Arab Saudi, Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia Setelah 2034

“Ada beberapa event FIFA yang kami intip. Jadi, setelah Piala Dunia U-17 ini jangan berhenti. Apalagi, FIFA akan hadir tanggal 9 atau 10 November. Mungkin nanti ada negosiasi dari Menpora, saya, dan Presiden. Siapa tahu kami bisa bidding event FIFA lainnya,” tandas Erick Thohir.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.