Dark/Light Mode

Sestama BNPT Ajak Humas Pemerintah Bangun Kewaspadaan Nasional Melalui Bakohumas

Senin, 16 Oktober 2023 21:30 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), melalui Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) menyebarluaskan informasi dan mengedukasi humas Pemerintah dalam membangun kewaspadaan nasional.

Khususnya, menjelang tahun politik 2024, yang dimulai dari lingkup pemerintah terkecil atau desa.

Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono mengungkapkan, melalui Forum Tematik Bakohumas BNPT, mensosialisasikan telah menginisiasi Desa Siap Siaga untuk meningkatkan kewaspadaan Nasional dari bahaya ancaman radikal terorisme.

"Semoga humas pemerintah yang tersebar mulai tingkat pusat hingga daerah, dapat ikut menggaungkan secara optimal komunikasi publik terkait program kesiapsiagaan nasional, Desa Siap Siaga," kata Bangbang, di yang diselenggarakan di Hotel Arion Suit, Jakarta, Senin (16/10/2023).

Bangbang menjelaskan, Humas BNPT melalui Bakohumas juga berupaya menciptakan persamaan persepsi antara BNPT dan Kementerian/Lembaga mengenai pentingnya membangun kewaspadaan Nasional bersama terhadap radikalisme dan terorisme.

Baca juga : Instansi Pemerintah dan RS Masih Andalkan Air Kemasan Galon Polikarbonat

Hal ini demi untuk menciptakan tahun politik 2024 yang aman dan damai.

"Kita harus memiliki kebulatan tekad untuk secara bersama-sama dapat mencapai sasaran yang sama yaitu amannya pemilu 2024 dari isu-isu yang dapat menyebabkan perpecahan di tengah masyarakat," harapnya.

Bangbang menjelaskan, kewaspadaan nasional perlu dibangun dari desa yang merupakan unit terkecil pemerintahan.

Menurutnya, apabila kewaspadaan nasional dapat dibangun dengan baik di tingkat desa.

Hal ini akan dapat berperan penting dan efektif dalam meningkatkan kewaspadaan hinggal ke level yang lebih tinggi.

Baca juga : BNPT Bangun Kesiapsiagaan Nasional Wilayah IKN Dari Ancaman Terorisme

Seperti, di tingkat kota/kabupaten hingga nantinya sampai di tingkat nasional. Melalui Desa Siap Siaga diharapkan kewaspadaan nasional ini tidak hanya tumbuh di kota-kota besar saja.

Namun juga, di desa-desa yang merupakan tingkat pemerintahan terkecil dari struktur pemerintahan yang ada.

"Sehingga nanti kalau kesiapsiagaan, kewaspadaan desanya kuat otomatis nanti kabupaten/kotanya kuat provinsinya kuat secara nasional pun akan kuat," bebernya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia sekaligus Ketua Bakohumas, Usman Kansong mendukung penuh program Desa Siap Siaga.

Menurutnya, membangun kewaspadaan nasional dari desa sangat penting dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman dan lancar bebas dari ancaman radikalisme dan terorisme.

Baca juga : Andika Perkasa: Pembangunan Desa Modal Perkuat Ketahanan Nasional

"Kegiatan ini penting jelang pemilu 2024. Dalam Bakohumas ini kita koordinasikan humas pemerintah untuk ikut menggaungkan program BNPT terkait dengan desa Siap Siaga sehingga tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat desa untuk waspada dengan radikalisme dan terorisme," ucap Usman.

Dalam Forum Tematik Bakohumas ini, BNPT mengundang Kementerian/Lembaga yang ikut berperan aktif mendukung program Desa Siap Siaga melalui penyebarluasan informasi kepada stakeholder masing-masing di Kementerian/Lembaga/Daerah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.