Dark/Light Mode

Kepala BPIP Ajak Mahasiswa UGM Gotong Royong Bantu Masyarakat

Sabtu, 16 Desember 2023 20:21 WIB
Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengajak, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata membantu menyelesaikan masalah masyarakat. 

"Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk pengabdian,  dimana adik-adik akan memberikan kontribusi membantu menyelesaikan masalah yang dialami masyarakat," kata Yudian, saat memberikan pengarahan dan penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Periode 4 Tahun 2023 kepada ribuan mahasiswa Universitas Gadjah Mada, di DI Yogyakarta, Jumat (15/12). 

Baca juga : Ditanya Kenapa Pakai Dasi Kuning, Jokowi: Masa Nggak Tahu?

Kegiatan tersebut bertajuk 'Penguatan Ideologi Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Penguatan Pemantauan Pemilu'.

Melanjutkan pidatonya, Yudian mengatakan mahasiswa dapat menyampaikan kepada masyarakat pentingnya saling bahu-membahu bergotong royong sebagai wujud dari persatuan dan kesatuan seperti yang tertulis dalam sila ketiga Pancasila.

Baca juga : Bane Raja Manalu Salurkan 13.500 Beasiswa untuk Masyarakat Sumut

"BPIP berharap melalui KKN ini, adik-adik semua menjadi penyambung nilai Pancasila kepada masyarakat, menjadi pembawa obor nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan juga mewujudkan keadilan sosial," tambahnya. 

BPIP dan UGM juga menandatangani perjanjian kerjasama tentang Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP)  dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di UGM. 

Baca juga : BPIP Ajak Pemkab Dan Masyarakat Gunungkidul Cegah Stunting

Sementara itu, Rektor UGM Prof Ova Emilia mengatakan, tujuan diselenggarakannya KKN ini  agar mahasiswa dapat memahami peran penting  dalam memajukan bangsa, memupuk semangat kebangsaan, dan menjadi pilar utama dalam menghadapi tantangan pembangunan yang akan datang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :