Dark/Light Mode

Punya Ciri Khas Gotong Royong

Ganjar-Mahfud Didukung Gerakan Rakyat Otentik

Kamis, 23 November 2023 07:30 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengklaim, pasangan Capres-Cawapres Nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD adalah pasangan yang hadir dari gerakan rakyat otentik. Bukan dari permainan dan rekayasa institusi.

"Karena kami gerakan rakyat yang otentik, kita serahkan kepada rakyat soal hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Apakah berlangsung satu putaran atau dua putaran," kata Hasto men­jawab pertanyaan wartawan, di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/11/2023).

Pernyataan Hasto itu disam­paikan di sela-sela mendampingi Presiden Indonesia Kelima, Megawati Soekarnoputri saat menerima AFEO Distinguished Honorary Patron, yaitu peng­hargaan tertinggi dari AFEO untuk Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang telah berjasa besar terhadap profesi keinsinyuran.

Baca juga : Yenny Sebut Ganjar-Mahfud Dorong Santri Terampil dan Mandiri

Diakui Hasto, semua pasangan calon di Pilpres 2024 tentu ingin menang. Namun bagi Ganjar-Mahfud, proses meraih kemenangan harus dimulai dari tanggungjawab dan komitmen pada kebenaran moral. "Kami optimistis. Yang paling utama bagi kami, berpolitik itu dimu­lai dari kebenaran moral," ujar Hasto.

Penyandang gelar doktor Ilmu Pertahanan pada Universitas Pertahanan itu menegaskan, tanda atau ciri dari proses pemenangan Ganjar-Mahfud adalah dukungan dari gerakan rakyat di akar rumput. Gerakan rakyat ini akan menjadi penentu dalam meraih kemenangan.

Gerakan rakyat ini tercermin salah satunya saat baliho Ganjar-Mahfud itu diturunkan, rakyat menyediakan tempat dan rumahnya untuk dipasang baliho. Ketika yang lain meng­gunakan mobilisasi kepala desa, Ganjar tidur di rumah rakyat di pelosok kampung.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Jatim Disambut Gembira Santri Di Surabaya

"Balihonya kami pasang send­iri. Bukan tiba-tiba satu malam muncul baliho di mana-mana. Ini kan gerakan institusi. Ketika ada dana yang begitu besar dari pihak mereka, kami go­tong royong. Inilah ciri gerakan rakyat," tegas Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini.

Hasto mengaku sudah me­miliki strategi terbaik untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. Yang jelas, seluruh elemen pen­dukung dari partai politik, TPN, hingga relawan terus bergerak di akar rumput. PDIP khususnya, lanjut Hasto, terus menggelar kegiatan bersama rakyat. Termasuk, mengawal proses Pemilu agar berjalan dengan baik dan berkeadilan.

"Ganjar-Mahfud yang memu­lai proses dengan baik akan menghasilkan suatu kepemimpi­nannya yang baik," pungkas Hasto.

Baca juga : Jagoannya Disalip Prabowo-Gibran, Relawan Ganjar-Mahfud Santai

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 23/11/2023 dengan judul Punya Ciri Khas Gotong Royong, Ganjar-Mahfud Didukung Gerakan Rakyat Otentik

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.