Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Agar Bisa Pantau Langsung Secara Visual

Jonan Minta Pos Pengamatan Gunung Bromo Dipindah

Rabu, 9 Januari 2019 09:38 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan didamping seorang petugas PGA saat meninjau Gunung Bromo, di Probolinggo, Jatim, Selasa (8/1) pagi. (Foto: Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Ignasius Jonan didamping seorang petugas PGA saat meninjau Gunung Bromo, di Probolinggo, Jatim, Selasa (8/1) pagi. (Foto: Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta agar Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Bromo, yang terletak di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, dipindah lokasinya. “Gedung saya minta dipindah lokasinya ke atas. Sehingga, para petugas yang di pos pengamatan gunungapi dapat melihat langsung,” pinta Jonan saat meninjau PGA Bromo, Selasa (8/1) pagi.

Jonan menambahkan, dengan dipindah ke atas, para petugas yang berada di pos pengamatan gunungapi dapat melihat langsung rekaman aktivitas gunung. Baik deformasi, seismik, dan sebagainya. Saat ini, jika ingin melakukan pengamatan secara visual, petugas harus mendaki bukit terlebih dahulu.

Baca juga : Jokowi Minta Penanganan Bencana Diperkuat

PGA Bromo yang berada pada ketinggian 2.275 meter di atas permukaan laut, merupakan pos pengamatan gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Dari pos pengamatan, dilakukan pengamatan secara visual, seismik dan deformasi. “Semua peralatan pemantauan berfungsi dengan baik. Aktivitas vulkanisnya juga tidak ada yang mengkhawatirkan, bila dilihat dari data-datanya. Baik analog maupun digital,” ujar Jonan.

Saat ini, status aktivitas Gunung Bromo berada pada Level II (Waspada). Dalam status ini, masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

Baca juga : Nyaris Putus Asa, May Tulis Surat Minta Rakyat Dukung Brexit

“Kalau kawah, radius 1 km tidak boleh dimasuki. Boleh hanya untuk petugas vulkanologi. Kalau bukan petugas dari Badan Geologi, diminta untuk tidak masuk. Dikhawatirkan, masyarakat umum kurang memiliki pengetahuannya mengatasi safety apabila terjadi apa-apa,” terang Jonan.

Aktivitas Gunung Bromo dipantau terus menerus oleh 4 petugas gunungapi, yang bekerja secara bergantian. Secara administratif, Gunung Bromo terletak di 4 kabupaten di Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Malang di sebelah Selatan, Kabupaten Lumajang di sebelah timur, dan Kabupaten Pasuruan di sebelah Barat.

Baca juga : Sesama Tetangga Musuhan, Orang Baik Nggak Terpilih

Gunung Bromo merupakan gunungapi aktif bertipe kerucut silinder dalam kaldera, dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Kerucut ini tercatat sebagai salah satu gunung api yang sering mengalami erupsi dari 129 gunungapi aktif di Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.