Dark/Light Mode

Advertorial

UIN SSC Ramaikan DevX HAB Ke-78, Sensasi Belajar dan Mengajar Virtual Reality

Minggu, 24 Desember 2023 15:29 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan pada Launching PJJ PAI UIN SSC
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan pada Launching PJJ PAI UIN SSC

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyongsong Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78, Kementerian Agama kian memantabkan khidmah untuk negeri selama 78 tahun dengan memperkenalkan Devotion Experience (DevX) sebagai nama event tahunan HAB pada 2024 mendatang. Sebuah selebrasi capaian signifikan Kementerian Agama melalui show case masing-masing 11 Satuan Kerja dan 7 Program Prioritas Kementerian Agama ke masyarakat umum.

Diantara program prioritas yang diekspos dalam DevX, salah satunya yakni lahirnya Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC) sebagai satu-satunya universitas siber di lingkungan Kementerian Agama. Sebuah transformasi dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diproyeksikan mampu melayani masyarakat dengan latar belakang beragam, mulai dari profesi, perekonomian, bahkan daerah.

Baca juga : Pemerintah Selesaikan Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek

"Dengan visi Universitas Islam Siber yang Unggul Berkelas Dunia untuk Semua Tahun 2030 ini merupakan pondasi penting dalam pelaksanaan program pendidikan yang terjangkau," ujar Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi di Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

Lebih lanjut ia menjelaskan, transformasi ini juga merupakan bagian penting program Sustainable Development Goals (SGDs) yang mengisyaraktkan upaya pendidikan, utamanya pendidikan tinggi untuk seluruh kalangan. Dimana Kementerian Agama memiliki mandat konstitusi untuk menghadirkan layanan pendidikan tinggi yang bermutu bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Baca juga : Ramaikan HUT DPR ke-78, PIA Gelar Bazaar dan Pasar Murah

"Kehadiran UIN SSC ini salah satu jawaban untuk menghadirkan layanan pendidikan yang mudah diakses dan tidak memberatkan seluruh kalangan untuk mengenyam pendidikan tinggi keagamaan Islam yang berkualitas," terang Direktur yang juga sebagai Ketua Panitia DevX atau HAB ke-78 Kementerian Agama.

Fasilitas belajar mengajar daring UIN SSC

 

Sebagai informasi, dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan siber, UIN SSC memiliki dukungan infrastruktur yang mendukung dan memadai, diantaranya terdapat sistem informasi terpadu berbasis digital yang dapat memberikan layanan kepada sivitas akademika secara fleksibel dan mudah, infrastruktur jaringan internet fiber optic yang memadai, data center yang didukung dengan sumber daya listrik yang dilengkapi power suplay, sistem penyimpanan multicore, keamanan cyber, serta jumlah bandwidth yang memadai. Diantara fasilitas tersebut didukung Cyber Class dengan perangkat teknologi yang mendukung terbangunnya interaksi yang bermakna antara dosen dan mahasiswa.

Proses belajar mengajar UIN SSC

 

Baca juga : Semarakkan HUT Ke-78 RI, Pemuda Mahasiswa Ganjar Adakan Pesta Rakyat Di Sukabumi

Pada event DevX mendatang, UIN SSC diagendakan menggelar expo bagi siapa saja yang ingin merasakan experience ilumengajar sekaligus belajar di UIN SSC melalui virtual reality (VR). Masyarakat yang berkunjung di Booth UIN SSC pada tanggal 5-7 Januari 2024 secara bebas diberi kesempatan merasakan sensasi ruang kelas siber yang dikembangkan UIN SSC sebagai inovasi pembelajaran masa depan.

Selain itu, Booth Expo UIN SSC selama 3 (tiga) hari tersebut juga akan menyajikan berbagai event yang menarik untuk diikuti, seperti talkshow dan podcast yang dihadiri oleh berbagai pakar pendidikan siber, live music, game, layanan informasi PMB UIN SSC, gathering media, serta berbagai doorprize bagi pengunjung yang beruntung setiap harinya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.