Dark/Light Mode

Bareng Warga, KLHK Tanam 1.000 Pohon Di Kalimantan Barat

Minggu, 31 Desember 2023 09:58 WIB
Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono (kedua kanan) dan Pj. Gubernur Kalbar Harisson pada  saat melakukan aksi penanaman pohon di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu, (30/12/2023). (Foto: Dok. KLHK)
Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono (kedua kanan) dan Pj. Gubernur Kalbar Harisson pada saat melakukan aksi penanaman pohon di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu, (30/12/2023). (Foto: Dok. KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk melakukan penanaman pohon disepanjang musim penghujan 2023/2024.

Salah satu titik lokasi penanaman serentak kali ini yaitu di wilayah kerja BPDAS Kapuas, tepatnya di Dusun Parit Baru, Desa Wajok hulu, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimatan Barat.

Penanaman dipimpin oleh Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono dan Pj. Gubernur Kalbar Harisson pada Sabtu, (30/12/2023).

Baca juga : Jelang Pergantian Tahun, KLHK Bikin Gerakan Menanam Pohon Di Seluruh Indonesia

Pada kesempatan tersebut,  Bambang menyerahkan Petikan SK Menteri LHK tentang Green Ambassador dan membacakan sambutan Menteri LHK pada acara penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Penanaman pohon di Kalbar dilakukan pada areal seluas 1 hektar, dengan jumlah peserta lebih dari 400 orang.

Peserta yang terlibat meliputi instansi pemerintah, badan usaha, kelompok masyarakat, pelajar, masyarakat perorangan yang berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya, serta generasi muda khususnya para Green Ambassador dari Kalbar.

Secara keseluruhan bibit yang ditanam berjumlah 1.000 batang, yang terdiri dari berbagai jenis seperti sengon, jambu kristal, jambu air, jelutung, matoa, durian, nangka, dan lain-lain. Sementara bibitnya berasal Persemaian Permanen BPDAS KAPUAS dan Kebun Bibit Rakyat.

Baca juga : Buka Jasa Layanan Jadi Teman Bayaran

Bambang menyampaikan maksud kegiatan ini untuk menggerakkan seluruh pihak dalam memdukung upaya rehabilitasi hutan dan lahan.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai pencanangan awal kegiatan penanaman pohon dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan oleh semua masyarakat diseluruh Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini telah terlaksana dengan lancar penanaman pohon serentak diseluruh Indonesia Khususnya provinsi Kalimantan Barat pada wilayah kerja BPDAS Kapuas," ujar Bambang usai penanaman.

Selanjutnya, Bambang menyampaikan akan dilaksanakan pemeliharan atas tanaman hasil kegiatan penanaman serentak ini.

Baca juga : Hijaukan Indonesia, Peruri Tanam 500 Pohon di Hari Bela Negara

KLHK juga akan melanjutkan kegiatan penanaman di seluruh lokasi rehabilitasi hutan dan lahan telah ditetapkan.

"Kami juga akan menyosialisasikan dan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan penanaman pohon dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan," pungkas  Bambang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.