Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenhub Terus Upayakan SDM Unggul Sektor Transportasi

Minggu, 20 Oktober 2019 08:45 WIB
Foto: Humas Kemenhub.
Foto: Humas Kemenhub.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) transportasi di sektor darat, laut, udara dan KA.

Pemerintah optimis mampu memasok SDM yang berkompeten, untuk meningkatkan pelayanan transportasi.Sekaligus memenuhi tantangan industri transportasi, selama lima tahun mendatang.

Mengawali periode kedua masa pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan fokus mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan terampil.

Dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2019, 16 Juli lalu, Presiden Jokowi menegaskan bangsa ini membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk bisa melompat dan mendahului bangsa lain.

Baca juga : Kemendes Luncurkan Program Nusatani

“Kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila. Kita butuh SDM unggul yang toleran yang berakhlak mulia. Kita butuh SDM unggul yang terus belajar bekerja keras, berdedikasi, “ujarnya.

Bagi Kemenhub, arahan Presiden Jokowi menjadi momentum yang tepat mewujudkan SDM transportasi yang andal dan berdaya saing. Untuk itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan akan memaksimalkan serapan lulusan lembaga pendidikan perhubungan, yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia melalui peningkatan program vokasi.

“Sebagaimana disampaikan Presiden, Indonesia tengah berupaya meningkatkan kualitas SDM. Oleh karena itu, Kemenhub konsisten mengembangkan dan meningkatkan semua potensi SDM. Baik dari segi kualitas, maupun kuantitas,” ujar menteri yang akrab disapa BKS, usai memimpin Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu di lapa-ngan Silang Monas Jakarta, Rabu (18/9).

Tahun depan, sesuai Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2020, Kemenhub akan fokus pada peningkatan konektivitas melalui pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi, serta pengembangan SDM sektor transportasi.

Baca juga : Imbas Penutupan Jalan, Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan

“Untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia di sektor transportasi, akan diberikan pendidikan dan pelatihan baik di sektor darat, laut, dan udara.

Rencananya, Kemenhub akan memberikan pendidikan kepada 380 ribu orang dengan biaya sekitar Rp 2,1 triliun,” ungkap BKS.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, siap mendukung penuh Kemenhub dalam mengembangkan SDM.

“Sebagai Ketua Komisi V yang merupakan mitra kerja Kemenhub, kami terus memberikan dukungan dalam bentuk yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab kita. Yaitu dukungan yang berkaitan dengan anggaran, legislasi, dan pengawasan,” ujar Fary.

Baca juga : Ini 5 Titik Layanan SIM Keliling di Jakarta

Terkait hal ini, Kepala Ba-dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti mengatakan, Kemenhub telah mengambil beberapa kebijakan strategis dalam menindaklanjuti komitmen Presiden Jokowi untuk mewujudkan SDM unggul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.