Dark/Light Mode

Prabowo Gagas Pilot Project Rumah Panggung Dan Terapung Di Pantura, Digarap Unhan

Rabu, 10 Januari 2024 15:42 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional bertajuk Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut Giant Sea Wall; di Jakarta, Rabu (10/1/2024). (Foto: Istimewa)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional bertajuk Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut Giant Sea Wall; di Jakarta, Rabu (10/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggagas dan menginstruksikan Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk melaksanakan pilot project pembuatan rumah panggung dan terapung untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang menghadapi tantangan permukaan air tinggi.

"Saya tugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan pilot project membuat pemukiman murah di kawasan terendam air," ujar Prabowo saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional bertajuk ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut Prabowo mengatakan, dengan bantuan PT PAL, PT Len, serta para engineer dari Universitas Pertahanan, saat ini telah ditemukan dua prototipe rumah murah terapung dengan nilai sebesar Rp130 juta.

Baca juga : Airlangga Dan Prabowo Bahas Urgensi Tanggul Laut Raksasa Di Pantura Jawa

"Dan kita sudah menemukan prototipe dibantu oleh PT PAL ahli kapal dan PT Len dengan para engineer dari Universitas Pertahanan. Kita menemukan 2 prototipe, rumah murah terapung yang nilainya 130 juta rupiah 1 rumah. Sudah termasuk sonar panel tenaga surya, dan septic tank. Jadi dia bisa hidup tanpa tergantung PLN dan dengan sanitasi yang bersih," kata Prabowo.

Prorotipe tersebut sudah dimulai. Menurut Prabowo pihaknya menganggarkan sebesar Rp150 juta.

Ia berharap dengan adanya program tersebut, masyarakat Indonesia yang tinggal di Pantura dapat hidup dengan layak.

Baca juga : Prabowo Dorong Pembangunan Tanggul Laut di Pantura untuk Cegah Banjir Rob

Menteri Kementerian dan Kelautan disebut Prabowo juga telah melakukan program serupa dengan membuat desa nelayan.

Prabowo juga berharap dapat muncul replikasi-replikasi di sejumlah wilayah lainnya.

"Tentunya saya berharap nanti tokoh-tokoh, pengusaha dan sebagainya kalau ingin sedikit membantu, ya mungkin bisa ikut dalam projek ini. Saya juga mendorong kementerian-kementerian lainnya ikut mendukung dengan regulasi dan sebagainya supaya kita segera mengubah kualitas hidup rakyat kita," pungkas Prabowo.

Baca juga : Prabowo: Utang RI Pruden, Pertahanan Harus Kuat Agar Tidak Diintervensi

Prabowo juga mendukung realisasi giant sea wall di Pantura bersama menteri lainnya untuk mencegah warga terdampak banjir rob.

“Kita harus kumpulkan otak-otak terbaik bangsa. Percepat pembangunan giant sea wall," ucap Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.