Dark/Light Mode

Pastikan Bansos Jalan Terus, Ganjar: Diatur Agar Tepat Sasaran

Kamis, 4 Januari 2024 17:12 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD merancang program KTP Sakti.

Dengan KTP Sakti, nantinya penerima bantuan sosial dapat tepat sasaran. Lewat KTP Sakti dapat diketahui apakah masyarakat masuk kategori tidak mampu.

"Makanya, bapak ibu, ini banyak sekali yang protes ke saya. Kenapa saya tidak dapat bantuan, tetapi tetangga saya dapat. Mungkin, maaf, bapak ibu dari keluarga tidak mampu," kata Ganjar saat menghadiri acara Bazar di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/1/2024).

Baca juga : Bantuan Pangan Dikucurkan, Bapanas Pede Tepat Sasaran

Ia menambahkan, Ganjar Mahfud akan menertibkan lagi penyaluran bansos, cukup dengan KTP. "Insya Allah dapat bantuan, datanya diperbaiki," ujar dia.

Ganjar pun menegaskan bahwa KTP Sakti adalah political will untuk mengefektifkan Satu Data Indonesia. Dengan begitu, rakyat akan mudah mengakses semua layanan pemerintah, termasuk bansos.

Ganjar juga dengan tegas mengatakan bahwa Bantuan Sosial akan tetap dilanjutkan namun diatur supaya tepat sasaran.

Baca juga : Ganjar Pastikan Bansos Lanjut Dan Tepat Sasaran

"Ini kan cerita regulasi, cerita anggaran yang selalu ditetapkan Pemerintah dan DPR. Jadi cerita bahwa bansos akan dibatalkan hanya gimmick-gimick yang diberikan hanya untuk menakut-nakuti. Sekarang nasyarakat juga bisa tahu. Itu kewajiban negara," tandas Ganjar.

Dia menambahkan, justru yang sudah bagus, sudah jalan dan rakyat mendapatkan itu kita mudahkan dan tepat sasaran. Komplain kemarin adalah kenapa yang dapat Si A sementara Si B tidak dapat.

"Itulah yang kita bereskan lewat KTP Sakti. Ini untuk memudahkan itu, dan turunannya adalah data kependudukan, profil penduduk bisa kita pecahkan ke sektor seperti pertanian untuk dapat pupuk subsidi, kalau masuk kategori kurang mampu maka dapat Bansos," terang Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.