Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sampaikan Mimpi Besar di Pelantikan

Jokowi Tidak Bertele-tele

Senin, 21 Oktober 2019 07:25 WIB
Jokowi, berpidato dalam acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). (Foto: Rizky Syahputra/Rakyat Merdeka).
Jokowi, berpidato dalam acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). (Foto: Rizky Syahputra/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di pelantikan presiden kedua kalinya yang sederhana, mengagumkan dan menggetarkan, Jokowi menyampaikan pidato yang bikin pemimpin dunia dan rakyat takjub. Isinya, soal mimpi 1 abad Indonesia.

Pidatonya singkat, padat, dan jelas. Tidak bertele-tele. Jokowi mengajak rakyat mempersiapkan diri mencapai negara maju.

Hari pelantikan presiden dan wakil presiden yang dinanti-nanti kan akhirnya tiba, kemarin. Menghadapi momen spesial ini, Jokowi menjalaninya dengan biasa-biasa saja. Jokowi masih bekerja seperti biasa.

Baca juga : Relawan Gojo Siap Kawal Pemerintahan Jokowi

Sejak pagi, ia menerima kunjungan kehormatan sejumlah pemimpin negara sahabat, di Istana Merdeka. Jokowi menerima Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, PM Australia, Scott Morrison; PM Singapura, Lee Hsien Loong; PM Kamboja, Hun Sen; dan Raja Eswatini, Mswati III.

Jokowi baru keluar Istana Merdeka sekitar pukul 2 siang. Ia didampingi Ibu Iriana. Setelan Jokowi sudah rapi. Mengenakan jas biru lengkap. Ibu Iriana tampil anggun dengan songket krem. Ketiga anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep, ikut.

Adapula menantu Jokowi, Bobby Afif Nasution, menggendong sang anak, Sedah Mirah Nasution. Selvi Ananda dan Jan Ethes tidak hadir. Kata Gibran, istrinya istirahat karena sedang mengandung anak kedua.

Baca juga : 22 Orang Anggota MPR Absen di Pelantikan Presiden

Sebelum berangkat, Jokowi dan keluarga berdoa dengan khusyu. Berdiri melingkar, mereka menundukkan kepala. Sebentar tapi terlihat begitu khidmat.

Karena ini bukan pelantikan pertama, Jokowi merasa tak perlu banyak persiapan. Ngemong cucu masih dijalaninya, meladeni wartawan juga tetap dilakukannya. “Lima tahun yang lalu kan saya sudah mengalami. Jadi sekarang ini, ya biasa saja,” kata Jokowi.

Sekitar pukul 14.20, Jokowi dan Ibu Iriana meninggalkan halaman Istana Merdeka menuju Gedung MPR. Keduanya dilepas para pegawai Kementerian Sekretariat Negara sembari memegang bendera merah putih berukuran kecil.

Baca juga : Jelang Pelantikan, Jokowi Bikin Postingan di Twitter

Di sekitar Jalan Merdeka Barat, Jokowi berhenti sebentar. Jokowi keluar ciri khasnya. Menyapa rakyat. Lumayan lama. Rakyat kaget juga tak menyangka akan disalami Jokowi. Jokowi dan rombongan lalu berjalan lagi menuju Gedung MPR.

Jalannya tidak cepat. Pelan-pelan. Bahkan, mungkin masih bisa dikejar hanya dengan berlari. Akhirnya Jokowi tiba di Gedung MPR sekitar pukul 15.00 WIB, Jokowi tak langsung ke ruangan acara. Mampir ke ruang tunggu lalu berjalan bersama dengan pimpinan MPR ke ruangan acara. Tok. Acara pelantikan jadinya dimulai pukul 15.30. Jadwal semua dimulai 14.30.

Acara pelantikan berlangsung sekitar 1,5 jam. Meski singkat, tapi penuh makna. Seperti nonton konser, hadirin yang ada di gedung MPR juga yang nobar di TV, puas. Ikut larut dalam keheningan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.