Dark/Light Mode

BPN Badung Bali Sosialisasikan Penerbitan Dokumen Elektronik, Ini Manfaatnya

Selasa, 23 Januari 2024 18:13 WIB
BPN Badung Bali melakukan sosialisasi Penerbitan Dokumen Elektronik dan Layanan Pertanahan (Foto: Istimewa)
BPN Badung Bali melakukan sosialisasi Penerbitan Dokumen Elektronik dan Layanan Pertanahan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pertanahan Nasional (BPN)/Kantor Pertanahan Kabupaten Badung, Bali, melakukan Sosialisasi Penerbitan Dokumen Elektronik dan Sosialisasi Layanan Pertanahan, di Grand Mirage Resort & Thalasso, Bali, Selasa (23/1). Sosialisasi diikuti stakeholder dari beberapa instansi.

Kepala Kantor Pertanan Kabupaten Badung Heryanto menjelaskan, kegiatan sosialisasi penerbitan dokumen elektronik tersebut juga diikuti pemegang aset Pemprov Bali, Pemda Kabupaten Badung, Barang Milik Negara (BMN), Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) wilayah kerja Kabupaten Badung, para Kepala Desa dan Lurah yang ditunjuk selaku Panitia Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2024

Baca juga : Pelni Gunakan Berbagai Jurus Untuk Cegah Korupsi, Ini Rinciannya

“Kegiatan ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penerbitan Dokumen Elektronik dalam Kegiatan Pendaftaran Tanah,” terang Heryanto, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (23/1).

Ia menjelaskan, layanan pertanahan berbasis digital atau elektronik bertujuan untuk memudahkan pengurusan pertanahan. Sehingga cita-cita untuk meningkatkan Peringkat Kemudahan Berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB) di Indonesia, khusnya di Badung, dapat terpenuhi.

Baca juga : Gandeng Bulog, Pos Indonesia Distribusikan Bantuan Pangan Dengan Aplikasi Canggih

Selain itu, layanan pertanahan yang terintegrasi elektronik bertujuan dapat memudahkan pengurusan soal pertanahan kepada pengusaha. Salah satu komponen dalam mewujudkan kemudahan berinvestasi EoDB adalah sektor pertanahan yang terus dilakukan perbaikan.

“Maka dari itu, diperlukan kantor pertanahan modern yang memberikan layanan pertanahan dan tata ruang secara elektronik,” ucapnya.

Baca juga : Prof. Tjandra Soroti 5 Catatan Penting Kesehatan Dunia 2023, Ini Rinciannya

Heryanto menambahkan, kegiatan sosialiasi ini dibuka Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali Andry Novijandri. “Kegiatan ini dimaksudkan agar para stakeholder dan masyarakat lebih memahami bahwa kegiatan pendaftaran tanah telah diluncurkan dengan sistem elektronik sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 03 Tahun 2023,” tandas mantan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tabanan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.