Dark/Light Mode

Disaksikan Jokowi, Menhan Prabowo Serahkan Super Hercules C-130J-30 Ke TNI AU

Rabu, 24 Januari 2024 13:57 WIB
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan pesawat Super Hercules C130J-30 kepada TNI Angkatan Udara AU di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024). (Foto: Danu Arifianto/RM)
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan pesawat Super Hercules C130J-30 kepada TNI Angkatan Udara AU di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024). (Foto: Danu Arifianto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto secara simbolis menyerahkan pesawat Super Hercules C130J-30 kepada TNI Angkatan Udara (AU) di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024) pagi.

Prosesi penyerahan pesawat dengan nomor ekor A-1344 ini disaksikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelum diserahkan kepada TNI AU, pesawat unit keempat pesanan Indonesia dari Amerika Serikat itu sempat ditinjau Presiden Jokowi tak lama setelah dirinya tiba di lokasi pada pukul 08.30 WIB.

Dia masuk ke dalam kabin pesawat sambil didampingi Menhan Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto, dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Baca juga : Jokowi, Prabowo, KSAU dkk Kompak Pakai Jaket Bomber Saat Serah Terima C-130J Super Hercules

Setelah itu, Jokowi memecahkan kendi di moncong Super Hercules C-130J-30 sebagai bentuk peresmian penyerahan pesawat tersebut.

Termasuk penyerahan dua pesawat tempur lain yakni helikopter Fennec, dan helikopter Panther AS 565 MBE yang baru selesai direfurbishment atau diperbaiki.

Tak berselang lama, Menhan Prabowo Subianto menyerahkan miniatur kunci pesawat kepada Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, selaku operator pesawat Super Hercules C-130J-30.

"Super Hercules C130J-30 ini adalah pesawat angkut yang telah kita pesan beberapa tahun yang lalu dan penting sekali baik untuk perang dan non perang," kata Jokowi.

Baca juga : Disaksikan Jokowi, Prabowo Serahkan Pesawat Keempat C-130J Super Hercules untuk TNI AU

Menurut dia, pesawat Super Hercules yang bisa mengangkut 120 prajurit dan 20 ton ini sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia yang memiliki cukup banyak landasan pendek.

"Pesawat ini juga bisa terbang 11 jam nonstop. Jadi saya kira sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia," terang Kepala Negara. 

Sekadar informasi, Super Hercules bernomor ekor A-1344 ini diterbangkan ke Tanah Air dari pabriknya di Marietta, Georgia, Amerika Serikat pada 16 Januari 2023, dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada tanggal 22 Januari 2024.

Dengan kedatangan pesawat ini maka sudah ada empat Super Hercules yang tiba di Tanah Air.

Baca juga : Darmizal Dan Relawan Jokowi Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Pada kesempatan sama, Menhan Prabowo secara simbolis menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Berdasar pantauan, ada empat unit helikopter Fennec yang digelar di lokasi. Sedangkan helikopter Panther AS 565 MBE baru ada tiga unit yang digelar di lokasi dari delapan yang dilakukan refurbishment.

Heli Panther ini beserta suku cadangnya kemudian diserahkan Prabowo kepada TNI AL yang diterima langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.