Dark/Light Mode

Jaga Kelancaran Pemilu 2024

BNPT Gelar Pra Audit Standar Minimum Pengamanan Di KPU DKI Jakarta

Rabu, 24 Januari 2024 22:58 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan Sosialisasi dan Pra Audit Standar Minimum Pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta.

Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT Kolonel Laut (H) Setyo Pranowo mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu 2024 dari ancaman terorisme.

"Kami berharap melalui sosialisasi dan audit pengamanan ini, kejadian terorisme dapat diantisipasi sehingga proses pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman terutama di lingkungan kantor KPU Provinsi DKI Jakarta," ujarnya, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (24/1/2024).

Baca juga : Relawan Mas Bowo Gelar Senam Sehat dan Pembagian Sembako Di Lebak

Dirinya menambahkan, sesuai Undang-Undang No 5 Tahun 2018 dan Perban BNPT No 3 Tahun 2020 BNPT RI diamanatkan untuk melaksanakan perlindungan sarana prasarana objek vital yang strategis dan fasilitas publik termasuk dalam pencegahan tindak pidana terorisme.

Kantor KPU masuk ke dalam kategori fasilitas publik yaitu pada bidang pelayanan publik.

"BNPT RI ditugaskan melakukan perlindungan sarana prasarana objek vital yang strategis dan fasilitas publik dalam pencegahan tindak pidana terorisme," tuturnya. 

Baca juga : Kicauan Tsamara Amany Soal Penampilan Gibran Di Debat Jadi Sorotan Netizen

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jakarta, Wahyu Dinata pun mendukung kegiatan sosialisasi dan pra audit keamanan yang dilakukan BNPT di kantornya.

Dirinya menyebut, KPU Provinsi DKI Jakarta akan mengikuti hasil rekomendasi pra audit pengamanan dari BNPT jika mungkin ditemukan adanya anjuran untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam sistem pengamanan demi keamanan dan kelancaran Pemilu 2024.

"Rekomendasi BNPT misalnya ada celah-celah di pengamanan kami, tentu saja kami akan mengikuti karena prinsipnya kan ini bagian menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan khususnya terkait ancaman terorisme. Semoga Pemilu tahun 2024 berjalan dengan aman dan lancar," ungkapnya.

Baca juga : Wamenaker Bakal Dapat Gelar Bandar Mudo Pengimbang Rajo Dari LAM Jambi

Sebelumnya BNPT telah melakukan Pra Audit Standar Minimum Pengamanan di KPU Pusat pada 10 dan 11 Januari 2024 serta di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat di Jakarta pada 15 dan 16 Januari 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.