Dark/Light Mode

Gandeng Warga

Relawan Petebu Ganjar Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Dusun Di Karanganyar

Senin, 18 Desember 2023 16:13 WIB
Relawan Petani Tebu Bersatu Petebu menggelar aksi gotong royong bersih-bersih lingkungan warga di Dusun Ngasinan, Desa Tugu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Ist)
Relawan Petani Tebu Bersatu Petebu menggelar aksi gotong royong bersih-bersih lingkungan warga di Dusun Ngasinan, Desa Tugu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Petani Tebu Bersatu (Petebu) menggelar aksi gotong royong bersih-bersih lingkungan warga di Dusun Ngasinan, Desa Tugu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Dihelat pada Minggu (17/12/2023), relawan pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sukses merangkul ratusan warga dusun untuk ikut aksi gotong royong ini. 

Aksi ini bertujuan agar lingkungan menjadi lebih bersih sehingga aktivitas warga dusun menjadi lebih nyaman. 

"Ini juga membersihkan drainase untuk mengantisipasi musim hujan sehingga bisa mengendalikan air biar lancar," kata Koordinator Wilayah Petebu Jawa Tengah, Joko Harseno. 

Baca juga : Prabowo: Saya Akan Bingkai Dan Pajang Di Kantor Saya...

Warga dan para relawan nampak kompak membersihkan sampah di sepanjang jalan yang mereka susuri. Bukan hanya sampah, mereka juga memangkas rumput-rumput yang tumbuh liar di sepanjang jalan. 

Joko menuturkan, kegiatan ini juga berguna untuk memupuk rasa kekeluargaan dan memperkuat ikatan silaturahmi antar warga Dusun Ngasinan. 

"Ini menambah silaturahmi dari warga, sehingga kita kuat untuk gotong royongnya di wilayah desa," tuturnya. 

Selain bersih-bersih lingkungan, kedatangan relawan Petebu di dusun tersebut juga untuk melaksanakan pelayanan kesehatan gratis untuk warga. Relawan menghadirkan beberapa tenaga kesehatan untuk memeriksa kondisi kesehatan warga. 

Baca juga : Cara Sat-Set Ganjar Selesaikan Persoalan Kesulitan Pengairan Irigasi Di Magelang

Bantuan ini diberikan untuk membantu warga yang sulit memeriksa kesehatan mereka karena sibuk bertani dan letak layanan kesehatan yang cukup jauh. 

"Memang dari warga sini dengan jarak ke puskesmas lumayan jauh. Kedua, petani-petani di sini sibuk, sehingga untuk memeriksakan (kesehatan) memerlukan waktu," jelas Joko. 

Selepas bergotong royong dan pemeriksaan kesehatan, relawan melanjutkan kegiatan dengan menggelar doa bersama untuk kelancaran Ganjar-Mahfud di pilpres 2024. 

"Dari warga mendoakan dan mendukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud. Itu orangnya berangkat dari yang keluarga biasa-biasa, sederhana, juga bermasyarakat. Dari pandangan itu, warga desa sangat mendukung," ujar Joko. 

Baca juga : Relawan Gardu Ganjar Muda Gelar Pelatihan Konten Kreator Di Banten

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Dusun Ngasinan, Supatno mengapresiasi aksi bersih-bersih dan layanan kesehatan gratis yang diinisiasi oleh Petebu Ganjar

Dia menilai kedua kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Khususnya aksi bersih-bersih yang menurutnya sangat berguna untuk mencegah banjir. 

"Sebelum ada relawan Pak Ganjar-Mahfud, itu belum ada (relawan lain yang datang). Baru kali ini ada. Bermanfaat dan membantu sekali untuk rakyat di sini. Harapan semoga sering-sering ada (kegiatan) relawan membantu masyarakat," kata Supatno.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.