Dark/Light Mode

Kicauan Tsamara Amany Soal Penampilan Gibran Di Debat Jadi Sorotan Netizen

Senin, 22 Januari 2024 16:16 WIB
Foto: X
Foto: X

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany mengkritisi standar ganda yang digunakan publik dalam menilai kesopanan seseorang.

Hal itu diutarakan lewat sebuah postingan di akun X pribadi Tsamara pada Minggu (21/1/2024).

Unggahan itu diduga menyangkut pembelaan Tsamara atas kritikan publik terhadap calon wakil presiden (cawapres) 2, Gibran Rakabuming Raka yang dinilai tidak sopan terhadap cawapres 03, Mahfud MD dalam debat ke-4 Pilpres 2024.

Tsamara menilai, anak muda yang kritis kerap kali dianggap tidak sopan. Namun jika itu dilakukan oleh orang tua, publik justru menganggapnya biasa saja.

Baca juga : Wiranto Puji Penampilan Gibran Saat Debat Cawapres

“Mengapa kalau anak muda yang keras dan kritis selalu dianggap tidak sopan? Tetapi jika yang melakukan itu adalah orang tua ke anak muda selalu dianggap biasa saja, dan kita sebagai anak muda diminta menerima seolah itu sesuatu yang biasa saja. Apakah ini tidak standar ganda?” tulis Tsamara lewat akun X @TsamaraDKI.

Unggahan Tsamara menuai kritik dari sejumlah pihak, tak terkecuali Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Qotrunnada Wahid alias Alissa Wahid.

Alissa menganggap apa yang dilakukan Gibran bukan sikap kritis.

"Sedih saya baca twit ini. Masa mba @TsamaraDKI tidak bisa membedakan sikap kritis dengan sikap kemlinthi dan merendahkan?" tulis Alissa melalui akun X @AlissaWahid.

Baca juga : Relawan Jakwire Prabowo - Gibran Tegal Gelar Tanam Padi Petani Milenial

Kritikan serupa juga dilayangkan Novelis Okky Madasari dengan mengatakan bahwa apa yang dilakukan Gibran dalam debat bukanlah bentuk sikap kritis. Okky menuding Tsamara tengah berusaha memanipulasi publik.

“Tsamara, yang dilakukan Gibran malam ini, jelas bukan "keras & kritis". Twit ini memperlihatkan kamu sudah kehilangan akal sehat & sengaja membutakan diri. Lebih dari itu, kamu sedang sengaja memanipulasi dengan mengatasnamakan anak muda,” kata Okky lewat akun X @okkymadasari.

Istri pakar sejarah Islam, Ismail Fajrie Alatas itu sempat bergabung ke dalam PSI sebelum kemudian mengundurkan diri pada April 2022 lalu.

Di PSI, Tsamara menduduki jabatan strategis sebagai Ketua DPP PSI. Tsamara juga sempat hadir dalam acara deklarasi dukungan terhadap calon presiden Ganjar Pranowo bersama tokoh muda, Pangeran Siahaan dalam acara Deklarasi Nasional Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo.

Baca juga : Lima Cara Aman Pakai Wifi Di Tempat Umum

Deklarasi dukungan itu berlangsung di Gedung Basket Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (3/6/2023).

Namun arah dukungan Tsamara berubah setelah ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Staf Khusus (stafsus) di Kementerian BUMN yang akan berfokus pada kebijakan publik.

Kini, angin membawa dukungan Tsamara kepada paslon 3, Prabowo-Gibran. Tsamara mengaku setuju dengan gagasan yang diajukan Prabowo-Gibran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.