Dark/Light Mode

Tingkatkan Ketahanan

BNPT Kenalkan Program Prioritas 2024 Kepada Kodam I/Bukit Barisan

Kamis, 25 Januari 2024 20:23 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengenalkan program prioritas 2024 kepada Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan.

Program-program ini fokus meningkatkan ketahanan publik (public awareness) melalui edukasi atau ilmu pengetahuan.

Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan, bekerja sama dengan kementerian dan lembaga menjalankan program prioritas 2024 yang mengedepankan edukasi.

Baca juga : Tingkatkan Literasi Keuangan, BNI dan OJK Ajak Pelajar Kenali Program SiMuda

Yakni, program pemberdayaan perempuan anak dan remaja, program pembentukan desa siap siaga-desa damai, program pembentukan sekolah damai dan program pembentukan kampus kebangsaan.

"Kita semua harus terlibat, termasuk Kodam I Bukit Barisan. Kita perkuat ketahanan publik melalui ilmu pengetahuan," kata Rycko, saat Kunjungan Kerja BNPT ke Kodam I Bukit Barisan, seperti keterangan yang diterim RM.id, Kamis (25/1/2024).

Di samping itu, Kepala BNPT juga optimis, pemahaman masyarakat terhadap modus kelompok radikalisme meningkat, maka akan memiliki ketahanan dari ideologi kekerasan.

Baca juga : Ketersediaan Pupuk Subsidi ke Petani Jadi Program Prioritas Prabowo-Gibran

"Sekuat apa pun ideologi kekerasan berusaha menyusup, kalau masyarakat sudah punya pemahaman atau awareness. Mereka ngerti ciri-cirinya, karakteristiknya, modus operandinya mereka pasti kuat atau resilience," tambah Rycko.

Sementara Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan mengaku, siap menindaklanjuti program-program yang dipaparkan di wilayah Sumatera Utara.

Menurutnya, program tersebut sangat jelas. Misal, program pemberdayaan anak dan perempuan Bintara Pembina Desa (Babinsa), lalu terkait program desa damai yang ada kampung Pancasila.

Baca juga : Relawan Petebu Gulirkan Program Ganjar-Mahfud Hapus Kredit Macet Para Petani

Terkait sekolah damai, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sudah sering masuk sekolah-sekolah," paparnya.

Adapun program prioritas ini merupakan bagian dari Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang mengarah kepada Terorisme (RAN PE) Pilar Pencegahan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.