Dark/Light Mode

Kepala BPIP Kenalkan Salam Pancasila Kepada Mahasiswa UINSI Samarinda

Senin, 25 Desember 2023 20:30 WIB
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi kuliah umum di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris UINSI Samarinda, Jum’at (22/12/2023). (Foto: Ist)
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi kuliah umum di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris UINSI Samarinda, Jum’at (22/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menjadi, pembicara pada kuliah umum di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Jum’at (22/12).

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda’.

Kuliah umum yang dihadiri oleh ratusan civitas akademika UINSI Samarinda ini menjadi momentum baik dalam memahami, menghayati, dan mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Yudian menjelaskan makna gerakan salam Pancasila dengan tangan rapat maksudnya sila-sila itu tidak boleh dipisahkan, tangan diangkat melambangkan sebuah tanggung jawab bersama oleh seluruh WNI untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut.

Baca juga : Kepala BPIP Minta Para Guru Segera Ajarkan BTU Pendidikan Pancasila

Menurut dia, NKRI merupakan negara yang dikasihi Tuhan dan rakyat Indonesia sudah sepatutnya bersyukur dengan salah satunya menjaga kesatuan bangsa dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

“Bagaimana bersyukurnya? Bhineka Tunggal Ika dalam profesi kalian. Silahkan mengembangkan minat dan bakat tapi tujuannya tetap Bhineka Tunggal Ika. Jangan pernah melawan negara,” tegasnya.

Di akhir Kuliah Umum, Yudian juga sampaikan bahwa BPIP sudah menghadirkan buku untuk pendidikan namanya Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila. Ini salah satu bukti lain negara semakin hadir dengan hadirnya buku ini keresahan tentang Pancasila hilang dari kehidupan sudah dijembatani.

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Samarinda. Hal ini ditandai dengan hadirnya Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso sekaligus membuka acara tersebut.

Baca juga : Pemikiran Denny JA Soal Agama Dibahas Mahasiswa IAIN Belitung

“Kami berharap kepada UINSI untuk mampu menjadi bagain untuk mensosialisasikan dan mencotohkan implementasi Pancasila dalam kehidupan bagi masyarakat. Baik dalam perkuliahan selama di kampus, bekerja, dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

“Apresiasi kami kepada Kepala BPIP yang langsung memberikan kuliah umum kepada kita semua dalam rangka membumikan semangat Pancasila kepada kita semua,” lanjutnya.

Berlangsungnya kegiatan ini di UINSI Samarinda juga mendapat dukungan penuh dari Rektor UINSI Samarinda, Prof  Zurqoni.

“Setiap negara memiliki pedoman berkehidupan berbangsa dan berbegara. Indonesia memiliki pedoman Pancasila. Pancasila jangan hanya berupa rumusan, tetapi harus menjadi falsafah dan ideologi bangsa yang harus dihormati dan dijunjung tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia,” jelas Zurqoni.

Baca juga : Kesan Ammarsjah Purba Terhadap Mahfud MD: Sangat Sederhana

Sebagai civitas akademika, UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda adalah agen perubahan yang  diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan berbangsa dan bermasyarakat, termasuk di lingkungan kampus. “Civitas akademika UINSI Samarinda diharapkan dapat memberikan pemahaman dan mencerahkan masyarakat tentang nilai-nilai ideologi Pancasila tersebut,” tambahnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prakoso.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.