Dark/Light Mode

Tinjau RSUP Soeradji Tirtonegoro, Presiden Minta Kecepatan Layanan Ditingkatkan

Kamis, 1 Februari 2024 18:31 WIB
Foto: Kemenkes
Foto: Kemenkes

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kecepatan pelayanan kesehatan terhadap pasien, terutama peserta KIS-BPJS Kesehatan, ditingkatkan.

Sebab, saat ini cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di Indonesia sudah mencapai lebih dari 95 persen.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau pelayanan di RSUP Soeradji Tirtonegoro, Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga : Perkuat Program Wisata Medis, RS Premier Bintaro Resmikan Layanan Unggulan

“Yang paling penting dan diutamakan tetap pelayanan, kecepatan melayani, karena saya lihat rumah sakit sekarang sudah baik,” tutur Jokowi, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (1/2/2024).

Kepala Negara melihat secara keseluruhan pelayanan kesehatan di RSUP Soeradji Tirtonegoro sudah baik. Meski waktu pelayanan masih pada kisaran 20-25 menit, menurut Jokowi, hal tersebut dapat dimaklumi.

“Saya lihat di sini semuanya baik. Memang antreannya banyak tapi kecepatannya juga bisa dilayani rata-rata 20 menit, 25 menit, saya kira masih pada kondisi yang baik, kebersihan juga baik,” tuturnya.

Baca juga : Meutya Hafid : Presiden Hanya Menegaskan Aturan, Bukan Deklarasi Keberpihakan

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah akan meningkatkan kapasitas pelayanan rumah sakit.

Dia menyebutkan, pada pertengahan tahun ini pemerintah akan memberikan peralatan kesehatan canggih dan modern di beberapa provinsi di Indonesia.

“Pertengahan tahun ini, peralatan-peralatan yang belum ada di beberapa provinsi baik untuk urusan kanker, jantung, stroke, semuanya akan dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang paling canggih,” ucap Jokowi.

Baca juga : Pasien BPJS Di RSUD Salatiga Masih Berdesakan, Jokowi Minta Layanan Ditingkatkan

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyono.

Lalu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.