Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Korps Adhyaksa Yakin, Jaksa Agung Baru Bisa Langsung Tancap Gas

Kamis, 24 Oktober 2019 10:47 WIB
Jaksa Agung baru, ST Burhanuddin saat pelantikan di Istana, Rabu (23/10) lalu. Foto: Randy Tri
Jaksa Agung baru, ST Burhanuddin saat pelantikan di Istana, Rabu (23/10) lalu. Foto: Randy Tri

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditunjuknya ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung disambut positif korps Adhyaksa. Mereka yakin Burhanuddin bisa langsung tancap gas.

Eks Direktur Penyidikan Tindak Pidana Korupsi (Dirdik) Kejaksaan Agung, Chairul Imam menyambut baik penunjukan adik Politisi PDIP TB Hasanuddin ini. Sebab, Burhanuddin adalah warga korps Adhyaksa.

“Alhamdulillah, Jaksa Agung yang ditunjuk adalah orang dalam yang sudah sangat tahu plus minus anatomi institusi kejaksaan,” tutur Chairul Imam kepada Rakyat Merdeka, Kamis (24/10).

Baca juga : Usai Dilantik, BKS Langsung Tancap Gas

Chairul mengatakan sebagai orang dalam, Burhanuddin pasti sudah tahu dan memahami budaya kejaksaan.

“Jadi, Pak Burhanuddin sudah bisa langsung geber, tancap gas,” ujar Chairul Imam, pensiunan jaksa yang pernah menjabat di Komisi Pemeriksa Kekayaan Penyelenggara Negara (KPKPN) itu. K

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta (Kajati DKI) Warih Sadono juga menyampaikan selamat kepada ST Burhanuddin. “Kami siap mendukung pelaksanaan tugas untuk kejaksaan lebih maju,” tutur Warih Sadono.

Baca juga : Sampai Akhir Tahun, Jokowi Pakai Mobil Lama, Maruf Pakai Lungsuran JK

Sedang Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung (Sesjamwas) Tony Tribagus Spontana yakin Burhanuddin akan sanggup mendukung pencapaian visi misi Presiden Joko Widodo.

“Kami yakin, beliau akan mampu membawa perubahan di kejaksaan sebagai institusi penegak hukum yang semakin dipercaya masyarakat. Kami siap mendukung,” ujar Tony.

Burhanuddin merupakan pensiunan jaksa muda perdata di lingkungan Kejaksaan Agung sejak 2014. Burhanuddin mengawali kariernya sebagai staf Kejaksaan Tinggi Jambi pada 1989.

Baca juga : Jangan Makan Malam dan Jangan Langsung Tidur

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro ini kemudian mengikuti pendidikan pembentukan jaksa dan beberapa kali menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri sejumlah daerah, mulai dari Jambi hingga Cilacap. P

2007, Burhanuddin menjabat Direktur Eksekusi dan Eksaminasi Kejaksaan Agung dan berlanjut sebagai Kejaksaan Tinggi Kejati Maluku Utara pada 2008 hingga 2009. Kariernya terus melesat hingga pernah menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat.

Saat menjabat sebagai Kepala Kejati Sulawesi Selatan dan Barat pada tahun 2010, Burhanuddin cukup fokus pada penanganan kasus korupsi. ST Burhanuddin terakhir menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) pada 2011 hingga pensiun. [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.