Dark/Light Mode

Kongres Luar Biasa PSSI Tetapkan Anggota Baru KP dan KBP

Minggu, 28 Juli 2019 07:42 WIB
Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2019 telah di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada Sabtu (27/7) malam. (Foto: PSSI).
Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2019 telah di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada Sabtu (27/7) malam. (Foto: PSSI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2019 telah selesai dilakukan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada Sabtu (27/7) malam.

Selain mengesahkan revisi statuta serta revisi kode pemilihan juga telah memilih anggota baru untuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Syarif Bastaman terpilih menjadi ketua KP dan ketua KBP dipegang Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing.

Kedua orang tersebut akan mengemban jabatan tersebut sampai tahun 2023 mendatang. 86 voter yang hadir dalam KLB pun menyetujui penunjukkan KP dan KBP tersebut. Agenda KLB berlangsung selama 3 jam dengan lancar dan aman.

"Yang pertama kongres hari ini telah menyelesaikan 3 agenda besar, revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, penetapan KP dan KBP. Untuk hal penting mengenai revisi statuta PSSI perlu diketahui terlebih dahulu bahwa latar belakangnya itu arahan dari FIFA untuk pembaruan statuta kami dengam regulasi yang terbaru serta untuk penyempurnaan statuta kami," kata Plt Ketua Umum PSSI Iwan Budianto.

Baca juga : TKN Resmi Bubar, Tapi Pertemuan Anggota Koalisi Tetap Rutin

"Ada beberapa poin penting yang perlu diketahui beberapa good governments yang PSSI terapkan yang pertama adalah komitmen sepakbola putri di pasal 4 tujuan dan kegiatan PSSI saat ini kami cantumkan bahwa untuk ikut memajukan persepakbolaan Indonsesia."

Iwan menambahkan adanya arahan area Komite Independen bahwa saat ini Komite Independen terdiri dari komite audit dan kepatuhan serta komite pemilihan dan komite banding pemilihan dahulunya pada statuta yang lalu tidak ada penyebutan KP dan KBP.

"Kemudian ada pula mengenai Area Independensi di mana Komite Independen harus tidak memiliki hubungam komite eksekutif PSSI salah satu anggota PSSI atau klub jadi anggota independensi juga kami garis bawahi," tambahnya.

Tak hanya itu, Iwan menyatakan ada perubahan untuk Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode mendatang. Orang yang sudah terpilih mengisi posisi maksimal hanya bisa 3 kali mengemban jabatannya.

"Kemudian area good governments practice saat ini bahwa adanya masa jabatan Exco tidak lebih dari tiga kali masa jabatan baik berturut-turut." [WUR]

Baca juga : Gandeng Perumnas, BNI Siapkan Bunga KPR Spesial

Daftar Komite Pemilihan PSSI

Ketua: Syarif Bastaman

Wakil ketua: Harbiansyah Hanafiah

Anggota: Irawadi Hanafie Budiman Dalimunthe Maurice Tuguis Soedarmaji Rocky Bebena

Daftar Komite Banding Pemilihan PSSI

Baca juga : Indonesia Gelar Pelatihan Perikanan Bagi Afrika

Ketua: Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing

Wakil ketua: Djoko Tetuko

Anggota: Ponaryo Astaman M. Nigara Alfis Primatra

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.