Dark/Light Mode

89 Mahasiswa Gerilya Academy Ikuti Bimbingan Teknis PPSDM KEBTKE

Kamis, 29 Februari 2024 15:28 WIB
89 mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM Gerilya Academy Batch 6 Kementerian ESDM menggelar Bimbingan Teknis dan Site Visit di kantor Pusat PPSDM KEBTKE, Selasa (28/2/2024). (Foto: Kementerian ESDM)
89 mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM Gerilya Academy Batch 6 Kementerian ESDM menggelar Bimbingan Teknis dan Site Visit di kantor Pusat PPSDM KEBTKE, Selasa (28/2/2024). (Foto: Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melengkapi bekal teoritis yang telah diperdalam melalui pembelajaran daring sebulan lalu, 89 mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) GERILYA ACADEMY Batch 6 Kementerian ESDM menggelar Bimbingan Teknis dan Site Visit di kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Kepala PPSDM KEBTKE Susetyo Edi Prabowo menyampaikan apresiasinya atas antusiasme para mahasiswa yang mengikuti program Gerilya Academy dalam mendukung percepatan Transisi Energi mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Susetyo menyampaikan, dalam rangka menyelesaikan amanat untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE), dukungan serta turun tangan semua pihak sangat diperlukan.

Baca juga : 2 Tahun Invasi Rusia Ke Ukraina, AS Kecam Putin Dan Umumkan Paket Sanksi Baru

"Generasi milineal dan Gen Z menjadi sasaran utama untuk meningkatkan kesadaran menuju transisi energi, mengingat di tangan generasi inilah nanti target NZE digantungkan," ujar Susetyo dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

Program GERILYA ACADEMY Batch 6 diikuti oleh 89 mahasiswa dari 45 Perguruan Tinggi, dari total 1.620 pendaftar (berasal dari 185 Perguruan Tinggi).

Sebanyak 29 orang atau 60 persen mahasiswa peserta program adalah perempuan. Hal ini menjadi wujud komitmen kesetaraan gender (gender equality) dalam pelaksanaan program GERILYA ACADEMY Batch 6.

Baca juga : Elemen Mahasiswa Jogja Gelar Mimbar Kerakyatan Tolak Putusan MK

Dalam bimbingan teknis ini mahasiswa dibekali pelatihan berupa praktek elektrifikasi sistem terisolir, survey potensi energi dan beban tenaga surya, survei potensi energi dan beban tenaga air serta pelatihan praktik sektor energi baru terbarukan.

Susetyo berharap program ini akan mampu melahirkan aktivis-aktivis energi bersih atau The Next Clean Energy Activists di kalangan generasi muda dalam mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan.

"Melalui dukungan para pemuda ini pencapaian target bauran energi terbarukan dan percepatan rasio elektrofikasi menuju 100 persen diharapkan dapat terealisasi secara maksimal," pungkas Susetyo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.