Dark/Light Mode

Bangun Sistem Kesehatan RI, Menkes Terima Penghargaan Angka Nitisastro Dari ITS

Selasa, 5 Maret 2024 10:22 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menerima penghargaan Angka Nitisastro yang diserahkan Rektor ITS, Mochamad Ashari. (Foto: Ist)
Menkes Budi Gunadi Sadikin menerima penghargaan Angka Nitisastro yang diserahkan Rektor ITS, Mochamad Ashari. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menerima, penghargaan Angka Nitisastro dari Institut Negeri Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya atas kontribusinya dalam menangani pandemi Covid-19 dan membangun sistem kesehatan Indonesia yang lebih kuat serta tangguh.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Menkes mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya, berbagai capaian penting yang diraih oleh Kemenkes saat ini merupakan kontribusi hebat dari berbagai pihak, termasuk seluruh insan Kemenkes.

Baca juga : Dino Patti Djalal Terima Penghargaan Order of Merit Dari Presiden Ukraina

“Saya ucapkan terima kasih. Saya rasa ini jasa teman-teman Kemenkes juga,” kata Menkes.

Menurut Menkes, semua hal yang telah dilakukannya selama menjabat sebagai Menteri Kesehatan merupakan bagian dari tugas dan kewajiban dari Presiden Jokowi. Setidaknya ada 3 hal penting yang harus dilakukan, yakni melaksanakan vaksinasi Covid-19, mengatasi pandemi Covid-19, serta melakukan reformasi kesehatan yang menekankan perubahan paradigma masyarakat dari kuratif menjadi preventif agar menciptakan lebih banyak masyarakat yang sehat.

“Alhamdulillah, tugas pertama dan kedua telah kita selesaikan. Saat ini, kami sedang berfokus untuk melakukan reformasi sistem kesehatan melalui transformasi kesehatan 6 pilar yang telah dimulai sejak tahun 2021,” ucap Menkes.

Baca juga : Bangun Sistem Peringatan Dini Tsunami, Bos BMKG: Negara-Negara Jangan Pelit Ilmu

Enam transformasi kesehatan itu, yakni transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi ketahanan sistem kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Rektor ITS, Mochamad Ashari menjelaskan, penghargaan Angka Nitisastro merupakan bentuk apresiasi keluarga besar ITS untuk memberi penghormatan atas dedikasi dan kontribusi para tokoh nasional. Dia menjelaskan, Menkes terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan karena telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa untuk masyarakat, negara, dan ITS

“ITS ingin menyampaikan penghargaan kepada tokoh nasional yang telah memberikan kontribusi, jasa, karya maupun prestasi kepada bangsa, negara juga ITS,” kata Rektor Ashari.

Baca juga : Banyak Menarik Pengunjung, PLN Raih Penghargaan Most Interactive Booth di IIMS

Penghargaan Angka Nitisastro merupakan penghargaan bergengsi dan diberikan saat Dies Natalis ITS ke-63 tersebut, selain Menkes Budi, penghargaan juga diberikan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, serta Rektor ITS periode 2011 – 2015, Triyogi Yuwono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.