Dark/Light Mode

Dino Patti Djalal Terima Penghargaan Order of Merit Dari Presiden Ukraina

Rabu, 28 Februari 2024 22:22 WIB
Founder and Chairman FPCI Dino Pati Djalal (kiri) bersama Dubes Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin, saat menerima penghargaan Order of Merit di Kantor FPCI Jakarta, Rabu (28/2/2024). (Foto: Larasati Dyah Utami/RM.id)
Founder and Chairman FPCI Dino Pati Djalal (kiri) bersama Dubes Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin, saat menerima penghargaan Order of Merit di Kantor FPCI Jakarta, Rabu (28/2/2024). (Foto: Larasati Dyah Utami/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Founder & Chairman Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal menerima anugerah Penghargaan Order of Merit dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, atas dukungan dan kontribusi keberlanjutannya dalam mengkampanyekan kebebasan Ukraina dari serangan Rusia, Rabu (28/2/2024).

Pemberian penghargaan tersebut diwakili oleh Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin di Kantor FPCI, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

"Saya berikan penghargaan Order of Merit kepada Founder & Chairman FPCI Dino Patti Djalal. Presiden kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada beliau," ujar Dubes Hamianin di Kantor FPCI Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Baca juga : 6 Bulan Pertama, Prabowo Harus Matangkan Konsep Politik LN, Ini Alasannya

Dia menekankan, untuk mendorong formula perdamaian di Ukraina, diperlukan banyak keberanian, kekuatan dan energi.

Di lain pihak, Dino sangat mengapresiasi penghargaan Order of Merit dari Presiden Ukraina.

Dino yang juga mantan Wakil Menteri Luar Negeri dan Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS) memastikan, sejauh ini, Indonesia meyakini prinsip kemerdekaan, kedaulatan, integritas wilayah, persatuan nasional, hukum internasional, demokrasi dan non-intervensi.

Baca juga : BPJamsostek Pemprov DKI Jakarta Serahkan Penghargaan Paritrana Award 2023

Selaras dengan itu, FPCI akan selalu konsisten membela keadilan dan kemanusiaan. Serta tetap bersikap netral.

"Kami tidak memiliki masalah dengan Rusia. Namun, invasi Rusia tidak dapat dibenarkan dengan alasan apa pun. FPCI konsisten dalam menanggapi berbagai konflik di kawasan dan internasional," tegas Dino.

FPCI juga konsisten dalam membela Palestina, yang terus berkonflik dengan Israel. FPCI solid mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Baca juga : Merah-Putih Targetkan Juara

"Jadi, kalo prinsip hukum internasional dilanggar, baik itu oleh Amerika, Rusia, atau negara mana pun, kita menolak," tandas Dino.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.