Dark/Light Mode

Kawal Tuntas Program Jokowi, KSP Siapkan Legacy Menuju Indonesia Maju

Jumat, 8 Maret 2024 11:39 WIB
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta. (Foto: Humas KSP)
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta. (Foto: Humas KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta menegaskan KSP akan terus mengawal pemerintahan Presiden Jokowi hingga akhir periode. Menurut dia, hal ini dilakukan agar berbagai program pembangunan yang gencar dilakukan era Jokowi bisa menjadi pondasi dan legacy untuk menuju Indonesia Maju. 

Febry menyebut beberapa pembangunan infrastruktur di era pemerintahan Jokowi seperti pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, bendungan, jembatan, serta Jalan Lingkar di Indonesia Timur.

“Ini kita lakukan untuk menyiapkan pondasi menuju Indonesia Maju, sekaligus untuk memastikan legasi dari pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Febry saat memimpin kick off meeting Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Nasional Tahun 2024 di Jakarta, Kamis (7/3).

Baca juga : Rakornas PMB, Wujudkan Indonesia Maju Dan Bermaslahat

Sebagai informasi, KSP sesuai dengan tugas dan fungsinya melakukan pengendalian program prioritas nasional secara terukur, termasuk bersama Kemenko Marves membentuk Delivery Assurance Unit untuk memastikan pelaksanaan program prioritas nasional maupun pelaksanaan setiap arahan Presiden tidak hanya sent tetapi juga delivered.

Setelah pembangunan fisik selesai, lanjut Febry, fokus selanjutnya adalah pihak lintas sektoral bergotong royong memastikan Pembangunan dapat memberikan outcome berupa multiplier effect bagi pertumbuhan dan kesejahteraan.

“Waktu terus berjalan dan semakin sempit, sehingga Pemerintah harus fokus untuk menuntaskan pekerjaan dan memberikan legacy bagi bangsa dan negara,” terang Febry.

Baca juga : Ini Kata Pakar Manfaat Keanggotaan Indonesia di OECD

“Seluruh pihak harus bahu-membahu untuk bergotong royong menyiapkan pondasi dan memastikan legasi untuk seluruh masyarakat,” imbuhnya.

Pada pengendalian Program Prioritas Nasional 2024, fokus pemantauan ditujukan untuk memastikan agar Pemerintah dapat soft landing dengan menuliskan legasi keberlanjutan Pembangunan dan memastikan tidak ada yang mangkrak.

Pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Bidang Ekonomi Maritim, Kemenko Marves, Sugeng Santoso menyampaikan pada periode tahun 2024, semua Kementerian/Lembaga di bawah Kemenko Marves harus fokus mencapai target program-program tersebut.

Baca juga : Pemerintahan Prabowo Tak Perlu Tim Transisi

“Untuk itu, kita terus lakukan evaluasi kinerja secara rutin dan terukur dalam pengawalan program Kementerian/Lembag,” ujar Sugeng.

Dalam acara tersebut, turut hadir pimpinan dari Kementerian/Lembaga, BUMN, dan Badan Usaha yang terlibat langsung dalam rencana aksi yang dikawal oleh Kedeputian I KSP.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.