Dark/Light Mode

Ramadhan Ini Baznas Target Kumpulkan Zakat Infak Sedekah Hingga Rp430 Miliar

Jumat, 8 Maret 2024 18:25 WIB
Ketua Baznas Prof KH Noor Achmad pada konferensi pers mengenai target zakat Ramadhan 2024 di Kantor Baznas, Matraman, Jakarta, Jumat (8/3/2024).
Ketua Baznas Prof KH Noor Achmad pada konferensi pers mengenai target zakat Ramadhan 2024 di Kantor Baznas, Matraman, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) selama bulan Ramadhan tahun ini mencapai Rp 430 miliar. Hal itu disampaikan Ketua Baznas, Prof KH Noor Achmad dalam konferensi pers di Kantor Baznas, Matraman, Jakarta, Jumat (8/3/2024). 

"Kami berharap target itu dapat tercapai. Apalagi penghimpunan zakat Baznas terus mengalami peningkatan tiap tahunnya," kata Noor Achmad. 

Kiai Noor mengatakan, target Rp 430 miliar meningkat dari Ramadhan 2023. Tahun lalu, dana ZIS Baznas yang berhasil dikumpulkan mencapai sekitar Rp 336 miliar. Peningkatan ini, sambung Kiai Noor, dipandang realistis. Mengingat setiap tahunnya pengumpulan zakat selalu mengalami peningkatan.

Baca juga : Mensos Setujui Pakai Duit Fakir Miskin Rp 500 Miliar

Kiai Noor juga menekankan, untuk tahun ini Baznas mengusung tagline “Nikmatnya Berzakat:Tentramnya Muzakki, Bahagianya Mustahik”. Tagline itu sebagai wujud komitmen Baznas mengembangkan zakat sebagai instrumen keadilan sosial. 

Muzakki adalah sebutan untuk orang yang menunaikan zakat. Mustahik adalah sebutan untuk penerima zakat. 

Menurut Kiai Noor, jika muzakki tentram maka para mustahik akan bahagia. Jika seseorang beribadah sudah merasa nikmat, maka orang itu sudah merasakan simpati tidak hanya kepada dirinya tetapi juga kepada orang lain. 

Baca juga : Bhinneka Life Bayarkan Klaim Hingga Rp 604 Miliar di 2023

“Kita juga memberikan pelayanan terbaik bagi muzakki. Kami sampaikan kepada seluruh Baznas se-Indonesia jangan pernah lupa mendoakan para muzaki. Demikian juga jangan pernah lupa membuat mustahik bahagia. Ini perlu kita ciptakan bersama di masa yang akan datang,” katanya.

Di kesempatan sama, Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan menyampaikan, guna mewujudkan target yang dicanangkan, pihaknya berupaya melakukan berbagai strategi pengumpulan. 

"Target penghimpunan ZIS Rp 430 miliar ini hanya untuk di Baznas Pusat, sementara target pengimpunan ZIS Nasional selama Ramadhan 2024 sebesar Rp11 triliun (on balance sheet dan off balance sheet)," jelas Rizal. 

Baca juga : Kantongi Izin Baznas RI, Syarikat Islam Komit Kelola Zakat Secara Modern

"Adapun strategi pengumpulan yang akan dilakukan Baznas, kita akan memperkuat pada zakat perusahaan, kita menggandeng beberapa korporasi, dengan mengeluarkan label Taat Zakat. Kita juga akan melakukan program zakat karyawan langsung untuk korporasi perorangan," papar Rizal. 

Tidak hanya itu, kata Rizal, Baznas juga akan memperkuat program di luar negeri kerja sama dengan badan filantropi luar negeri seperti yang sudah dilakukan dengan KSrelief. 

"Selain itu ada juga zakat piority, yang mana merupakan perolehan zakat perorangan yang itu di atas Rp 250 juta ke atas. Baznas juga akan melakukan Safari Ramadhan yakni safari dakwah bersama Syeikh Palestina, mudah-mudahan program ini juga dapat mendorong tercapainya perolehan target ZIS selama Ramadhan," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.