Dark/Light Mode

Nadiem Masih Sendirian, Jokowi Belum Akan Tunjuk Wamendikbud

Senin, 4 November 2019 15:32 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2019 yang mengatur tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam Perpres tersebut dijelaskan, Presiden Jokowi akan menunjuk seorang wakil menteri untuk mendampingi Mendikbud Nadiem Makarim. Penunjukan wamen dilakukan untuk menjamin efektivitas dalam bekerja. 

Baca juga : Jokowi: Jangan Baper

Sekalipun posnya sudah ada, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut, posisi wamendikbud belum akan diisi dalam waktu dekat. "Belum ada. Kalau ada pos posisi kan iya, tapi kan tidak berarti harus selalu diisi. Tapi kalau dibutuhkan, tentu saja akan diisi," ujar Pratikno di gedung Krida Bhakti, Jl Veteran III, Jakarta Pusat, Senin (4/11). 

Baca juga : Menristek Prihatin, Penelitian Kita Belum Dilirik Dunia Usaha

Hingga saat ini, Presiden Jokowi belum memutuskan untuk menunjuk orang yang akan mendampingi Mendikbud Nadiem. "Jadi sampai sekarang ini presiden belum memutuskan. Nanti pasti akan bicara dengan Mendikbud," imbuhnya.

Baca juga : Puan: Jokowi Punya Alasan Angkat Wamen

Pratikno juga menambahkan, posisi wamen akan dievaluasi Presiden setiap saat. Presiden juga akan memberi penugasan kepada para "pendamping' menteri ini. Siapa yang akan mengisi posisi wamen "tersisa" ini nantinya? Dari parpol atau profesional? "Belum ada," jawab Pratikno. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.