Dark/Light Mode

Puan: Jokowi Punya Alasan Angkat Wamen

Senin, 28 Oktober 2019 14:21 WIB
Puan Maharani (Foto: Parta Rizky Sahputra/RM)
Puan Maharani (Foto: Parta Rizky Sahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani, meyakini Presiden Jokowi punya pertimbangan dalam mengangkat 12 wakil menteri. Yaitu urgensi bahwa ada kementerian yang besar sehingga tugas seorang menteri harus dibantu wakil menteri.

"Saya rasa Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan urgensinya bahwa ada kementerian yang besar kemudian tidak mungkin hanya dipimpin satu menteri saja," kata Puan, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/10) seperti dikutip antaranews.com.

Baca juga : Pulang Dari Wamena, Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa

Dia menilai, di sebuah kementerian banyak sekali permasalahan dan juga banyak hal-hal yang harus diselesaikan. Keberadaan wamen, bisa membantu menteri dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

"Kita kasih kesempatan para menteri dan wakil menteri bekerja. Apa yang akan dilakukan, mereka sudah membaca peta di internal mereka masing-masing dan pekerjaan-pekerjaan rumah apa yang harus diselesaikan," ujarnya.

Baca juga : Pemuda Adat Papua Ikut Sorong Suhendra

Dia meminta masyarakat untuk memberikan waktu kepada menteri dan wamen untuk bisa melakukan terobosan di kementerian masing-masing. Sehingga diharapkan bisa bekerja kreatif dan cerdas.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik 12 wakil menteri yang terdiri dari kalangan profesional dan partai politik. Mereka adalah Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono, Zainut Tauhid Sa'adi sebagai Wakil Menteri Agama, Angela Tanoesoedibjo sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, Wamen PUPR dipercayakan kepada Wempi Wetipo, Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Alue Dohong sebagai Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Budi Arie Setiadi sebagai Wamen Desa, Jerry Sambuaga sebagai Wamen Perdagangan, Suahasil Nazara sebagai Wamen Keuangan, Kartika Wiryoatmojo dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Wamen BUMN. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.