Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri ESDM Dorong Inovasi Pengembangan EBT

Rabu, 6 November 2019 17:17 WIB
Arifin Tasrif (Foto: Istimewa)
Arifin Tasrif (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri ESDM, Arifin Tasrif, mendorong inovasi baru dalam pengembangan potensi energi baru terbarukan (EBT). Dia melihat, Indonesia memiliki potensi EBT yang besar.

"Kita inventarisir potensinya. Nah, ini yang harus kita bahas bersama. Misalnya terkait kapasitas," jelas Arifin saat membuka The 8th Conference dan Exhibition IndoEBTKE Conex 2019, di Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu (6/11), seperti dikutip antaranes.com.

Baca juga : Menteri PUPR Dorong Profesor Terus Melakukan Riset Dan Inovasi

Inventarisasi potensi sumber energi ini bertujuan untuk menggenjot pemanfaatan EBT dalam bauran energi sebesar 23 persen pada 2025. Dari segi potensi, Indonesia telah memiliki 400 Giga Watt (GW) potensi listrik yang dihasilkan dari sumber EBT. 

Potensi ini dilihat Arifin sebagai peluang bisnis baru. "Tentu saja inisiasi dari Konferensi Paris merupakan suatu peluang untuk bisa menentukan inovasi bisnis-bisnis baru yang melibatkan masalah energi," tutur Arifin.

Baca juga : Kementan Dorong Konawe Selatan Kembangkan Kawasan Hortikultura

Kehadiran kegiatan IndoEBTKE Conex, kata Arifin, dapat menjadi stimulus untuk memetakan ulang arah kebijakan pengembangan energi nasional. "Kegiatan (IndoEBTKE Conex) ini tentu saja sangat bermanfaat bagi menentukan arah pemanfaatan energi nasional. Kita memiliki banyak sumber-sumber energi yang harus kita utilisasikan," jelasnya.

Arifin menekankan perlu ada perencanaan yang matang untuk bisa meningkatkan potensi EBT. Ia berharap, porsi EBT pada Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) ke depan bisa lebih ditingkatkan dan tepat sasaran. "Masih kecil sekali. Makanya kita harus buat perencanaan upaya untuk optimalkan," katanya.

Baca juga : Menpora Minta HMI Mengembangkan Jiwa Wirausaha

Untuk itu, Arifin sangat membuka diri terhadap masukan dari para stakeholder terkait. "Saya membuka seluas-luasnya bagaimana mendorong ide-ide terbaik yang bisa mendorong pertumbuhan EBT," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Surya Darma, menjelaskan, pameran ini bisa jadi potensi menggaet investor dalam industri energi terbarukan lebih banyak lagi. "Diharapkan pameran ini bisa jadi wadah untuk meningkatkan iklim investasi dan menarik investor, serta memberikan masa depan terbarukan bagi generasi milenial," tandas Surya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.