Dark/Light Mode

Soal Dewan Pengawas KPK

Jokowi Tak Mau Bocorkan Nama, Katanya Masih Digodok

Rabu, 6 November 2019 17:37 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, saat ini pihaknya masih menggodok nama-nama calon anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Masih digodok tim internal. Nanti kalau sudah, kami sampaikan. Nanti, akan dilantik bareng Pimpinan KPK yang baru,” kata Jokowi, usai Peresmian Pembukaan Konstruksi Indonesia 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/11).

Baca juga : Dewan Pengawas KPK Terbuka Untuk Pensiunan Penegak Hukum

Saat ditanya mengenai kemungkinan nama-nama yang bakal mengisi Dewan Pengawas KPK seperti Antasari Azhar dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jokowi enggan berkomentar.

“Masih dalam penggodokan. Kita harapkan, yang ada di sana memiliki integritas,” katanya.

Baca juga : Dewan Pengawas KPK Bakal Lebih Banyak Diisi Ahli Hukum

Dewan Pengawas KPK merupakan amanat dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dewan Pengawas KPK nantinya akan berisi lima anggota, dengan seorang merangkap sebagai ketua.

Dalam UU KPK yang baru, Dewan Pengawas memiliki peran yang sangat penting dalam kerja KPK. Salah satunya, mengeluarkan izin penyadapan.

Baca juga : Jokowi Tak Bisa Ditekan, Tak Bisa Diatur-atur

Untuk periode pertama, Dewan Pengawas KPK akan dipilih langsung oleh Presiden. Selanjutnya, dipilih melalui panitia seleksi dan DPR sebagaimana proses pemilihan calon pimpinan KPK. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.