Dark/Light Mode

Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi

Kemakmuran Itu Bukan Hadiah

Rabu, 6 November 2019 19:39 WIB
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, dalam kunjungannya ke Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (6/11). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, dalam kunjungannya ke Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (6/11). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi melanjutkan agenda kunjungan kerja ke desa-desa. Kali ini, desa yang menjadi tujuannya pada hari Rabu (6/11), ada di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Ada tiga desa yang dikunjungi Budi Arie. Yaitu Desa Cieurih dengan status desa tertinggal, Desa Maja Selatan dengan status desa mandiri, dan Desa Pagandon dengan status desa maju.

Budi Arie menilai, Desa Cieurih yang saat ini dikunjungi sudah tidak termasuk desa tertinggal. Sebab, dari segi infrastruktur, akses jalan, dan sinyal telepon seluler sudah tersedia.

Baca juga : Rakyat Jangan Cuma Jadi Penonton Pembangunan

"Kalau kami menilai, desa ini sebetulnya sudah bagus. Halamannya sudah rapih, sinyal telepon seluler juga sudah ada. Tinggal bagaimana dana desa ini kita gunakan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi desa ini," ujarnya.

Budi Arie mengingatkan, berdasarkan arahan presiden Joko Widodo dan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, dana desa harus bermanfaat untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

Karena itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat, agar lebih aktif berpartisipasi dalam pengawasan penggunaan dana desa.

Baca juga : Sambut Pra PON di Jakarta, Ketum Gulat Jateng Ikut Berlatih

Untuk diketahui, selama lima tahun terakhir, dana desa yang sudah dikucurkan berjumlah Rp 257 triliun. Jumlahnya, akan ditingkatkan lagi dalam periode 2020-2024.

"Kemakmuran dan kemajuan itu bukan hadiah. Melainkan upaya gotong-royong segenap konponen masyarakat. Saya berharap dana desa dapat menjadi modal pergerakan ekonomi masyarakat desa, dan uangnya terus berputar. Sehingga, masyarakat desa semakin maju dan makmur," pesannya.

Ia berharap, semuanya dapat bekerja sama. Kepala Desa, Camat, Kepala Dinas, Bupati dan semuanya agar saling bergotong-royong untuk kepentingan masyarakat, dan bersama-sama bekerja keras untuk memajukan Indonesia.

Baca juga : Inilah Sosok Budi Arie Setiadi, Calon Wamen dari Relawan Sosial

Dalam kunjungan ini, Budi Arie didampingi Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Direktur Pembangunan Sarana Prasarana Desa, Muklis dan SKPD di lingkungan Kabupaten Majalengka. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.