Dark/Light Mode

Wamendes PDTT, Budi Arie Setiadi

Rakyat Jangan Cuma Jadi Penonton Pembangunan

Rabu, 6 November 2019 07:06 WIB
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, meniti jembatan bambu saat berkunjung ke Desa Kerta, Kecamatan Banjar Sari, Kabupaten Lebak, Banten pada Selasa (5/11). (Foto: Istimewa)
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, meniti jembatan bambu saat berkunjung ke Desa Kerta, Kecamatan Banjar Sari, Kabupaten Lebak, Banten pada Selasa (5/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri, Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi mulai melakukan kunjungan perdananya ke desa-desa, untuk memantau langsung kondisi desa dan pemanfaatan penggunaan dana desa yang dikucurkan cukup besar setiap tahunnya.

Kunjungan perdana dilakukan di Desa Leuwiipuh dan Desa Kerta, Kecamatan Banjar Sari, Kabupaten Lebak, Banten pada Selasa (5/11).

Dalam kunjungan ke Desa Leuwiipuh, Wamen Budi Arie Setiadi langsung meninjau lokasi jembatan gantung rusak, yang menghubungkan antar desa dan aktivitas warga sehari-hari.

Baca juga : Yang Mau Daftar CPNS, Jangan Mau Jadi Korban Penipuan Ya

Usai menuju ke Desa Leuwiipuh, Budi melanjutkan kunjungan ke Desa Kerta untuk meninjau sekaligus meresmikan Site Plan Agro Wisata Kerta Warna, yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kunjungan ke desa ini adalah komitmen Budi Arie, usai dilantik menjadi Wamen. Turun ke lapangan adalah salah satu dari perintah Presiden Jokowi, yang memerintahkan untuk selalu cek masalah di lapangan dan menemukan solusinya.

"Jumlah desa dan dana desa kan tidak sedikit. Kita akan minta bantuan dari berbagai elemen masyarakat, untuk sama-sama mengawal permasalahan desa. Yang jelas, kita turun ke desa untuk mengecek langsung permasalahan yang ada di desa. Kalau ada masalah, kita akan langsung cari dan temukan solusi untuk mengatasi permasalahan itu," katanya.

Baca juga : Kota Tangerang Ngarep Jadi Percontohan Pembangunan

"Rakyat jangan jadi penonton pembangunan. Pengawasan dana desa terbaik adalah melalui peran aktif masyarakat itu sendiri , " jelasnya.

Kunjungan untuk meninjau langsung kondisi permasalahan di desa oleh Budi Arie, rencananya dilakukan secara estafet.

Dalam estafet pertama, dari Lebak, Budi Arie akan melanjutkan ke Majalengka, Pekalongan, dan Ngawi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.