Dark/Light Mode

Habiskan Rp 7,75 Miliar, PUPR Cek Bantuan PSU Rumah Subsidi Di NTB

Sabtu, 11 Mei 2024 07:00 WIB
Rumah subsidi masyarakat
Rumah subsidi masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus meningkatkan pembangunan rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah melalui bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU). 

Penyaluran PSU dapat meningkatkan pembangunan rumah bersubsidi untuk masyarakat di sejumlah kabupaten/kota. Salah satunya, di kabupaten Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tersebar di 13 lokasi perumahan dengan total anggaran Rp 7,75 miliar. Bantuan PSU yang diberikan berupa jalan lingkungan. Bantuan tersebut dapat meningkatkan kualitas dan menjadikan perumahan bersubsidi menjadi lebih nyaman bagi masyarakat yang menghuni rumah bersubsidi.

"Penyaluran bantuan PSU agar masyarakat yang menghuni rumah bersubsidi merasa nyaman dan sekaligus meningkatkan kualitas lingkungan menjadi lebih baik," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto usai meninjau hasil pembangunan PSU di Perumahan Gardenia Raya di Kabupaten Lombok Barat, NTB, Jumat (10/5).

Baca juga : Siapkan Rp15 Triliun, PUPR Lanjutkan Program Inpres Jalan Daerah Tahun Ini

Iwan menjelaskan, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan dalam penyaluran bantuan PSU ini melibatkan para pengembang perumahan dan pemerintah daerah setempat. Pasalnya setelah PSU selesai dibangun nantinya aset tersebut akan diserahterimakan kepada pemerintah daerah setempat. 

"Kami yakin dengan penyaluran bantuan PSU ini akan mampu mendorong semangat para pengembang perumahan di NTB untuk membangun lebih banyak perumahan bersubsidi bagi masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai P2P Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan, I Wayan Suardana menjelaskan, berdasarkan data Balai P2P Nusa Tenggara I, pada tahun 2023 lalu sebanyak 1.493 unit rumah bersubsidi masyarakat mendapatkan bantuan PSU. 

Baca juga : Ledakan Di RS Semen Padang, Pasien Dievakuasi Ke Rumah Sakit Lain

Adapun sebaran bantuan PSU di Provinsi Nusa Tenggara Barat berada di lima kabupaten / kota dan tersebar di 13 lokasi perumahan dengan total anggaran Rp 7,75 miliar.  Lokasi tersebut, ada di Perumahan Samota Residence Tahap 2 (80 unit), Griya Samota Indah (50 unit), Alam Kerato Asri (110 unit). Di Kabupaten Lombok Barat di Perumahan Bellpark 2 Tahap 3 (300 unit), Melanesia (145 unit), Sandubaya Rayya (75 unit), Pesona Tembolak Asri (59 unit),  Polinesia (200 unit), Bypass Residence (65 unit), dan Gardenia Raya (140 unit).

Selanjutnya, di Kabupaten Lombok Timur  berada di Perumahan Sekar Anyer Tahap 2 (101 unit) dan di Kabupaten Sumbawa Barat di Perumahan Griya Menala Praja (98 unit) serta di Kabupaten Lombok Tengah di Perumahan Batujai Salva Residence (70 unit).

"Kami menyalurkan PSU berupa jalan lingkungan paving block K-250 di sejumlah perumahan bersubsidi di NTB. Kami berharap dengan jalan lingkungan yang baik masyarakat semakin berminat tinggal di rumah bersubsidi," terangnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.